Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Rajamala Maskot ASEAN Para Games di Kota Solo

Minggu, 03 Juli 2022 | 19:15 WIB Last Updated 2022-07-04T01:07:03Z

Rajamala Maskot ASEAN Para Games 2022.
 

Solo, Rakyatterkini.com - Pembukaan ASEAN Para Games yang bakal dihelat pada 30 Juli 2022 ini. Guna menyambut pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara itu, hari ini mulai dilakukan countdown atau hitung mundur yang berjalan 27 hari sejak hari ini.


Seremoni hitung mundur ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran maskot ASEAN Para Games di depan Loji Gandrung, Minggu (3/7/2022). Maskot untuk ASEAN Para Games adalah Rajamala.


"Hari ini countdown, sekaligus launching logo dan maskot. Kita pilih logo, maskot yang merepresentasikan budaya Kota Solo, makanya ada gunungan, keris, maskotnya Rajamala," sebut Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming selepas acara, Minggu (3/7/2022) seperti dikutip detik.com.


Rajamala sendiri adalah nama perahu Keraton Kasunanan Surakarta di era Pakubuwono IV. Dilansir dari pariwisatasolo.surakarta.go.id, perahu ini memiliki ukuran 58,9 x 6,5 meter dan terbilang besar pada masanya.


Dipakai Konser Tulus, Venue ASEAN Para Games Pindah ke Terminal Tirtonadi Canthik Perahu Rajamala atau ikon di ujung perahu itulah yang kini dipakai sebagai maskot ASEAN Para Games. Maskot itu menyimbolkan kekuatan untuk menolak hal negatif.


"Sebenarnya ada banyak bentuk maskot, namun yang ditampilkan satu dulu. Ada desain-desain lain, beda gaya. Pokoknya pengin menampilkan yang Solo banget," ujarnya.


Dalam waktu yang semakin mepet ini, Gibran memastikan seluruh kelengkapan sudah siap. Saat ini, pihaknya menggencarkan promosi agar masyarakat turut menyukseskan acara tersebut.


"26 Juli atlet sudah terbang ke Solo, 30 Juli opening. Kita promosi terus-terusan, lewat sosmed, media offline, pokoknya kita genjot terus," ujarnya.


Ia kembali menegaskan bahwa masyarakat dapat menyaksikan seluruh pertandingan dengan gratis. Pembukaan dan penutupan di Stadion Manahan Solo digelar secara gratis.


"Warga Solo dan sekitarnya bisa menonton opening, closing, pertandingan 14 cabang olahraga bisa dilihat gratis," paparnya. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update