Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

5 Manfaat Daging Kambing untuk Tubuh

Senin, 11 Juli 2022 | 00:18 WIB Last Updated 2022-07-11T02:20:21Z

Kambing Jawa Randu.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Salah satu hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha di Indonesia  selain sapi, domba dan kerbau adalah kambing. Ternyata selain dikenal karena kandungan kolesterolnya yang rendah, ternyata ada manfaat daging kambing yang juga penting buat tubuh manusia.


Dikutip dari Makan Sehat.com, daging kambing banyak dinikmati, karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang banyak. Setiap 100 gram daging kambing, terdapat 27 protein, 150 kalori, dan 15 gram lemak.


Daging kambing juga mengandung kalium, vitamin b12, magnesium, omega 3, zat besi, dan selenium. Berikut ini beberapa manfaat daging kambing yang baik untuk tubuh:


1.  Mengatasi Anemia

Daging kambing terkenal mampu menaikkan tekanan darah dan menghasilkan hemoglobin serta sel darah merah. Anemia adalha kondisi ketika sel darah merah berkurang karena kekurangan zat besi.


Kondisi ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika berkepanjangan. Dalam 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 3,5 hingga 4 miligram zat besi yang bermanfaat.


2. Meningkatkan Imunitas Badan

Manfaat daging kambing selanjutnya yakni protein, asam amino, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam proses produksi sel-sel pembangkit imunitas tubuh. Jika rutin mengonsumsi daging kambing, maka imunitas tubuh akan bertambah dan menjadi jarang sakit.


3. Kesehatan Tulang

Manfaat daging kambing lainnya yakni mampu menjaga kesehatan tulang. Daging kambing memiliki kalsium, kalium, dan fosfor. Fosfor dan kalsium membantu menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat dan sehat. 


4. Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat daging kambing yang juga penting bagi tubuh adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium pada daging kambing ini membantu kinerja jantung.


Kalium membantu menstabilkan tekanan darah dan membuang natrium berlebih melalui urine. Natrium ini pemicu hipertensi.


5. Mengurangi Risiko Kanker

Daging kambing memiliki manfaat yang sangat bagus. Manfaat daging kambing berikutnya yakni mengurangi risiko kanker. Setiap 100 gram daging kambing dapat memenuhi hingga 36% kebutuhan selenium.


Selenium adalah kandungan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan antioksidan. Meskipun terdapat banyak manfaat, daging kambing juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update