Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wako Solok Buka Bimtek Optimalisasi Kinerja Pejabat Fungsional Pasca Penyetaraan Jabatan

Senin, 27 Juni 2022 | 18:06 WIB Last Updated 2022-06-27T11:07:23Z

Wako Solok, H. Zul Elfian Umar.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar membuka secara resmi Bimtek Optimalisasi Kinerja Pejabat Fungsional Pasca Penyetaraan Jabatan, Senin 27 Juni 2022 di Hotel The ZHM Premiere, Kota Padang.


Turut hadir Kepala BKPSDM Kota Solok, Bitel, narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Ipma Fithria Laela Hidayati, Narasumber dari Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, para pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan.


Dalam sambutannya, Walikota Zul Elfian, mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, yang telah berkenan hadir sebagai narasumber pada hari ini. 


Kemudian, wako juga memberikan apresiasi kepada rekan-rekan panitia pelaksana, yang telah mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran acara tersebut. Sehingga, tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan mengenai jabatan yang diembannya, dapat terlaksana dengan baik.


"Kebijakan penyetaraan jabatan merupakan langkah besar di dunia birokrasi. Terlebih, kebijakan ini diberlakukan kepada seluruh instansi pemerintah kementerian/lembaga, baik level pusat maupun daerah," ujarnya.


Dijelaskan, ini menunjukkan kalau pemerintah secara serius berupaya melakukan perubahan iklim birokrasi negara, agar dapat lebih responsif dan dinamis dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Keseriusan ini diwujudkan dalam Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2019, yang kemudian disempurnakan dengan Peraturan Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam jabatan fungsional.


Menurutnya, secara alamiah, terdapat perbedaan karakter antara jabatan administrasi dengan jabatan fungsional. Jabatan administrasi (lebih lazim disebut sebagai pejabat struktural), menurut Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara merupakan sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan,"terang Walikota Zul Elfian. (DD)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update