Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dewan Pers Nyatakan 30 Peserta UKW LSPR Kompeten

Minggu, 06 Maret 2022 | 11:46 WIB Last Updated 2022-03-06T04:46:07Z

Peserta UKW foto bersama dengan tim penguji.


Padang, Rakyatterkini.com - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselengggerakan Dewan Pers melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan London School of Public Relation (LSPR) berlangsung  selama dua hari Jumat-Sabtu 4-5 Maret 2022, di Hotel Mercure Padang.


UkW pada 2022, Dewan Pers membagi klsifikasi secara berjenjang, terdiri dari wartawan muda, wartawan madya dan wartawan utama. Para peserta diwajibkan mengikuti test swab antigen sebelum memasuki ruangan dan mematuhi standar protokol kesehatan selama UKW berlangsung.


LSPR  mendatangkan lima penguji dari Dewan Pers, yaitu Akhmad Edhy Aruman, Tulus Wijanarko, Yudono Yanuar Akhmadi, Martha Warta Silaban dan Aprida M Sihombing. 


Diikuti 30 Wartawan dari berbagai media yang ada di Sumatera Barat melalui seleksi pra UKW.


Selama mengikuti ujian kompetensi, para peserta disuguhkan 10 materi uji yang diberikan lima orang penguji, membagi lima kelompok peserta.


Akhirnya lima penguji menyatakan 30 peserta dinyatakan kompeten. Kegembiraan terpancar di wajah peserta, terlihat karena selama dua hari mengikuti ujian, peserta kelihatan serius dan larut dengan suasana tegang menghadapi lima penguji.


Salah seorang penguji, Tulus Wijanarko mengatakan, seluruh peserta selama dua hari ini telah menerima 10 mata uji dan masing-masing mata uji sudah dinilai. "Alhamdulillah semua dinyatakan kompeten," ujarnya. 


Setelah dinyatakan lulus atau kompeten, awal bagi semua peserta untuk menjalani profesi wartawan lebih bagus lagi, tetap menghormati kode etik jurnalistik dan meningkatkan profesionalisme. Karena itu yang akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap wartawan dan jurnalisme. 


"Selamat untuk seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus atau kompeten, terus asah kemampuan, jangan pernah cepat puas dan teruslah belajar," tutup Tulus Wijanarko. (Hardean)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update