Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Syafwan Efendi Bangun 10 Unit Rumah, Ini Dana Pokir 2021

Selasa, 01 Februari 2022 | 22:01 WIB Last Updated 2022-02-01T15:06:21Z

Warga membagun rumah dari dana pokir dengan ala goro bersama.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Anggota DPRD Kota Sawahlunto, Syafwan Efendi, membangun 10  unit rumah layak huni buat  warga dua desa di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Dua desa itu yakni Desa Kumbayau dan Bukik Gadang, masing - masing 5 unit rumah layak huni (RLH). 


Rumah tersebut dibangun dengan menggunakan dana Pokir (pokok-pokok pikiran) DPRD Kota Sawahlunto tahun 2021.


"Ini diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu, atau tidak memiliki tempat tinggal yang layak.Untuk Pokir tahun 2022, bakal dibangun 10 unit lagi," sebut Syafwan yang akrab dipanggil Puan.


Ia menambahkan, 10 rumah layak huni berukuran 6 x 6 meter persegi tersebut, sudah dilengkapi dengan instalasi listrik. Pokoknya, lanjut dia, warga tinggal menempati dan menikmati, sehingga lampu listrik tersambung dengan semestinya.


"Instalasi lampu lengkap bisa disambungkan ke meteran, langsung menyala," katanya.


Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Talawi itu menerangkan, sebelumnya rumah warga yang menerima rumah layak huni ini sudah tidak layak huni. Buktinya, berdinding papan dan atapnya sudah banyak yang hancur, sehingga ketika hujan turun, air masuk dengan leluasa ke dalam rumah.


Dalam pembangunannya, lanjut Puan, sengaja melibatkan masyarakat di desa tersebut untuk bergotong-royong, secara bergiliran.


"Sehingga biaya upahnya bisa kita gunakan untuk pembelian kebutuhan lain dari rumah tersebut," ujarnya.


Sementara itu Ketua Pemuda Kumbayau, Buyung yang menjadi koordinator goro pembangunan rumah layak huni tersebut menyebutkan, ini adalah wujud  kepedulian pemuda dan warga masyarakat lainnya, terhadap ketidak berdayaan beberapa saudara mereka dalam menyediakan rumah layak huni. 


"Kami berpatisipasi dalam bentuk tenaga," ungkap Buyung. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update