Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ganjar Pranowo Cukur Gundul, Ini Demi Anak-anak Pejuang Kanker

Senin, 28 Februari 2022 | 14:47 WIB Last Updated 2022-03-01T01:22:57Z

Gubernur Jateng, Ganjar Pranomo.


Semarang, Rakyatterkini.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menepati janjinya cukur gundul dalam gerakan Berani Gundul 2022, Senin 28 Februari 2022.


Cukur gundul dilakukan sebagai dukungan pada anak-anak pejuang kanker saat merayakan Hari Kanker Anak se-dunia.


Ganjar mencukur gundul rambutnya di rumah dinas, turut serta bergabung secara virtual pada pelaksanaan kegiatan Berani Gundul yang terpusat di Mal Paragon Semarang. Usai memberikan sambutan, Ganjar mengawali kegiatan tersebut.


“Ini kita semua ngikut Mas Andy nih,” ujar Ganjar menyapa Andy F Noya, jurnalis senior yang juga seorang aktivis sosial.


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyapa sejumlah anak penderita kanker yang bergabung secara virtual. Mereka berasal dari Manado, Surabaya, hingga Semarang.


“Wah ini keren, sebentar lagi saya ikut gundul nih. Semangat ya,” kata Ganjar menyemangati.


Ganjar mengatakan, aksi Berani Gundul yang dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kanker Anak se-dunia ini, wujud dari empati dan solidaritas pada para penyintas kanker.


“Jadi, kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apapun kan bisa tumbuh lagi. Tapi, membangun empati solidaritas menurut saya penting,” katanya.


Ganjar sendiri tak asing dengan peringatan Hari Kanker Anak se-dunia. Sejak 2019, Ganjar telah berpartisipasi, meski tak ikut gundul dan hanya memotong sedikit dari rambutnya sebagai simbolis.


“Solidaritas gaya anak-anak muda itu menurut saya keren, membangun empati dengan berani gundul, kemudian memberikan donasi,” tuturnya.


Tak hanya ikut aksi, Gubernur Ganjar Pranowo turut memberikan donasi. Selain itu sejumlah orang juga turut cukur gundul serentak di Mal Paragon Semarang.


Bahkan, salah satu pesertanya adalah seorang ibu. Berdasarkan laporan panitia, rambut dari ibu bernama Ulin itu ‘berharga’ Rp20.000.000 dan didonasikan untuk anak-anak penderita kanker.


“Tadi lumayan sudah terkumpul mungkin hari ini Rp70-80 juta dapat. Mudah-mudahan itu juga akan bisa membantu, karena memang anak-anak itu perlu bantuan,” ujarnya.


Ganjar mengakui sudah beberapakali cukur gundul dengan menyisakan satu sampai tiga centimeter. Ganjar merasa lebih ringan dan sejuk. Ketika ditanya, hanya satu kata yang dikatakan Ganjar. “Isis (sejuk-Red),” selorohnya.


Andy F Noya dalam kesempatan itu berterima kasih pada Ganjar Pranowo yang berkenan mengikuti aksi Berani Gundul. Andy berharap, aksi Ganjar memantik kepala daerah lain sehingga donasi yang didapat juga makin banyak.(*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update