Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

MPTB 2021, BUMDes Makarti Jaya Bukukan Laba Bersih Rp431 Juta

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:51 WIB Last Updated 2022-01-13T00:51:39Z

Pengumuman pemenang hadiah grandprize 3 unit sepeda motor pada acara MPTB BUMDes Makarti Jaya, Desa Suka Damai.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makarti Jaya, Desa Suka Damai, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, menggelar Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes (MPTB) tahun buku 2021, Rabu 12 Januari 2022.


Musyawarah ini dihadiri Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, beberapa kepala OPD, Camat dan sejumlah Kepala Desa wilayah Singingi Hilir, tokoh masyarakat serta ratusan warga yang tergabung dalam keanggotaan BUMDes Makarti Jaya.


Kepala Desa Suka Damai, Nur Ahmad, mengatakan, berbagai kegiatan pembangunan telah direalisasikan pihaknya pada APBDes tahun anggaran 2021, salah satunya pembangunan pasar yang memiliki peran penting bagi perekonomian masyarakat desa.


Dijelaskannya, pasar yang berlokasi diantara dua dusun dengan ukuran 16 x 20 meter tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai unit usaha BUMDes. 


Menurut dia, pengelolaan pasar perlu secara profesional yang berbasis pada bisnis dengan tetap mengedepankan ciri sosial yang ada.


"Pasar desa memiliki peranan penting untuk perekonomian masyarakat sehingga perlu pengelolaan secara profesional. Pasar yang merupakan aset desa ini menjadi unit usaha BUMDes. Dengan pengelolaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan BUMDes itu sendiri," ujar Nur Ahmad.


Sementara itu, Direktur BUMDes Makarti Jaya, Sri Suhirti, dalam laporannya menyampaikan, selaku pengelola BUMDes Makarti Jaya ia telah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban tahun buku 2021 dan disampaikan kepada semua pihak dan instansi yang mempunyai kepentingan terhadap lembaga ini.


BUMDes Makarti Jaya, katanya, pada pengelolaan dari bulan Januari sampai dengan Desember 2021 telah membukukan laba bersih sebesar Rp431.873.178. Pendapatan itu diperoleh dari hasil usaha sejumlah unit usaha yang dimiliki BUMDes.


Adapun jenis usaha yang dijalankan adalah, usaha simpan pinjam, usaha perkreditan, unit pembayaran PLN, BRILink, penjualan Gas LPG, perdagangan saprodi/pupuk, BUMDes Mart dan usaha deliveri order (DO) buah kelapa sawit.


"Pada MPTB tahun buku 2021 ini kami berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp431 juta. Alhamdulillah, BUMDes Makarti Jaya ini dapat memberikan manfaat terhadap perkembangan perekonomian masyarakat desa Suka Damai.


Sejak 4 tahun terakhir BUMDes ini terus mengalami kemajuan. Itu dibuktikan dari pendapatan laba yang setiap tahunnya terus meningkat. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran usaha BUMDes," ujarnya.


Direktur BUMDes Sri Suhirti menambahkan, untuk meningkatkan laba BUMDes, selain meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat, kedepan pihaknya akan lebih menggali potensi yang ada di desa dengan membuka unit usaha baru seperti jasa penyewaan barang, pertamina desa dan internet satelit desa.


Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Suka Damai dan pengurus BUMDes Makarti Jaya atas keberhasilan pengelolaan BUMDes dengan baik. Ia berharap kedepan BUMDes tersebut lebih maju sehingga memperoleh laba lebih banyak lagi. 


"Keberadaan BUMDes harus menjadi roda perekonomian masyarakat. Dan BUMDes Makarti Jaya ini sudah menjalankan itu. Ke depan saya harap agar lebih ditingkatkan lagi," katanya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update