Notification

×

Iklan

Memperingati HUT ke-18, Wujudkan Solok Selatan Sejahtera

Sabtu, 08 Januari 2022 | 08:57 WIB Last Updated 2022-01-08T01:57:23Z

Paripurna DPRD memperingati HUT ke-18 Solok Selatan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Rapat Paripurna DPRD memperingati hari jadi Kabupaten Solok Selatan ke–18 2022, berjalan dengan semangat, demi mewujudkan Solok Selatan sejahtera.


Ketua DPRD Zigo Rolanda menyampaikan sejarah berdirinya kabupaten melewati perjuangan yang panjang. Delapan belas tahun lalu, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat Solok Selatan.


Perjuangan ini dimulai dari Konferensi Timbulun Tahun 1950-an, digerakan oleh Kamarudin DT. Nan Peta, selaku Camat Sangir saat itu. 


Adapun usulan nama kabupaten adalah Sehiliran Batang Hari. Dilanjutkan dengan konferensi di Muara Labuh tahun 1968, sampai dengan pembentukan Badan Penggerak Pembentukan Kabupaten Solok Selatan (BP2KS2) tanggal 15 maret 2002.


Upaya-upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat pada 18 desember 2003, dan pada 7 Januari 2004 Kabupaten Solok Selatan diresmikan di Jakarta oleh Mendagri sebagai sebuah kabupaten baru di Indonesia.


Momentum peringatan hari jadi Kabupaten Solok Selatan yang ke-18 dapat dijadikan evaluasi terhadap kinerja, sehingga dapat bersiap dengan perencanaan yang terukur dan terstruktur demi Solok Selatan Maju dan Sejahtera.


Selaku mitra kerja pemerintah, DPRD mengapresiasi kinerja pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Karena saat ini bupati berupaya untuk mengembangkan berbagai potensi wisata. Dari segi pengelolaan keuangan daerah, dimana pemerintah daerah telah berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut.   


Dalam bidang kesehatan, melebihi target vaksinasi nasional juga tercapai lebih dari 70%, dan ada banyak keberhasilan lainnya, ungkap ketua DPRD. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update