Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dekranasda Solok Selatan Gelar Parade Baju Adat Tradisional Nagari

Sabtu, 01 Januari 2022 | 17:12 WIB Last Updated 2022-01-01T10:12:41Z

Parade baju adat di Solok Selatan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com – Perhelatan yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Solok Selatan, parade baju adat tradisional nagarise-Solok Selatan berlangsung meriah, Sabtu 1 Januari 2022.


Parade ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, didampingi Bupati Solok Selatan, Khairunas, Wabup Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, beserta Forkopimda.


Ketua pelaksana kegiatan, Budiman, mengatakan parade baju adat bertujuan unutk melestarikan baju adat nagari, memperkenalkan kembali baju adat kepada generasi muda serta mendokumentasikan parade baju adat menjadi sebuah buku warisan budaya Solsel sehingga dapat menjadi pedoman untuk generasi mendatang. 


Parade diikuti oleh 37 nagari dengan jumlah peserta sebanyak 101 orang, dengan peserta istimewa yang diikuti oleh Ketua Dekranasda, Ketua GOW, DWP, Persit, Isteri Adhyaksa serta Ketua Bhayangkari.


Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas menjelaskan pakaian adat nagari yang ada di Solok Selatan, seperti takondai dari alam surambi sungai pagu dan pakaian tanduk tigo dari rantau duo baleh koto.


Sementara itu Bupati Khairunas mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud dalam mempromosikan kekayaan keanekaragaman busana adat di tiap nagari kabupaten solok selatan, jelas bupati. 


Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulah menyambut positif dan mengapresiasi kegiatan parade baju adat tradisional nagari yang diselenggarakan Dekranasda Solok Selatan. 


Pakaian disamping sebagai pelindung tubuh dan diri, pakaian juga merupakan identitas. Pakaian melambangkan dan mencerminkan seseorang. 


Gubernur menyarankan agar seluruh tempat-tempat wisata di Solok Selatan menyediakan pakaian-pakaian adat yang bisa dipakai oleh wisatawan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update