Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Walikota Sawahlunto Serahkan Pinjaman 'Marandang' kepada UMKM Mikro

Senin, 13 September 2021 | 18:23 WIB Last Updated 2021-09-13T11:23:51Z

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, didampingi Wawak, Zohirin Sayuti dan Kacab Bank Nagari Sawahlunto, Rusdi, menyerahkan pinjaman program marandang kepada pelaku UMKM, Tuminem. (Riswan Idris/Rakyatterkini.com)


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyerahkan pinjaman marandang (melawan rentenir daerah minang) dari Bank Nagari kepada debitur KUR Super Mikro secara simbolis, pada acara launching Program Pinjaman "Marandang" Bank Nagari Cabang Sawahlunto, Senin 13 September 2021.


Pinjaman Marandang merupakan kredit Pembiayaan kepada usaha super mikro dengan proses mudah (tanpa agunan tambahan), murah (berbiaya rendah) dan cepat, sebagai salah satu solusi membantu dan mendorong kebangkitan usaha mikro dalam rangka recovery ekonomi di tengah pandemi Covid-19 serta mengatasi dan melawan rentenir di Provinsi Sumatera Barat dan kota Sawahlunto khususnya.


Sasaran kredit ini adalah pelaku usaha mikro perorangan atau kelompok diutamakan yang sedang terjerat rentenir untuk semua sektor ekonomi yang tidak melanggar atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Deri Asta menuturkan keberadaan rentenir memang telah menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan modal mendesak yang serba praktis, mudah, dan cepat, tapi mempunyai resiko besar yang ditanggung oleh masyarakat.


Dia berharap program pinjaman Marandang ini dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang jitu bagi masyarakat, untuk keluar dari jeratan rentenir, membantu mendorong kebangkitan khususnya usaha mikro yang sangat dibutuhkan di tengah perekonomian yang sulit di masa pandemi ini.


Semoga dengan adanya Pinjaman Marandang yang kita serahkan saat ini, Bank Nagari telah berkontribusi langsung dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Sawahlunto di tengah pandemi saat ini, ulasnya mengakhiri.


Sementara itu Pimpinan Cabang Bank Nagari Sawahlunto, Rusdi menjelaskan Pinjaman Marandang ini, diberikan dengan plafond maksimal sampai Rp10 juta, dengan bunga 0,5 % perbulan.


“Kepada penerima pinjaman, ia berharap debitur bisa memanfaatkan pinjaman tersebut dengan baik untuk keberlangsungan usahanya, serta bisa mengembalikan pinjaman tersebut dengan lancar agar bisa diteruskan kepada pelaku usaha lainnya,” ujar Rusdi.


Lebih lanjut Rusdi mengatakan , bagi pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan pinjaman Marandang, untuk dapat datang langsung ke Bank Nagari terdekat. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update