Notification

×

Iklan

Wabup Risnawanto Launching Badan Wakaf Darul Hikmah Pasbar

Senin, 06 September 2021 | 17:28 WIB Last Updated 2021-09-06T10:28:46Z

Wabup Risnawanto meluncurkan program wakaf darul hikmah.


Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto meluncurkan program Wakaf Darul Hikmah, Senin 6 September 2021.


Menurut Risnawanto, program wakaf sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Wakaf uang jika dikumpulkan secara berkelanjutan akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. 


"Berdasarkan paparan dari Kakan Kemenag, wakaf uang di lingkungannya bisa terkumpul sebanyak Rp18 juta setahun. Jika di Pemda bisa melakukan itu, kita pikir akan terkumpul lebih banyak dan bisa dimanfaatkan dengan baik, karena wakaf, zakat dan sedekah itu jelas berbeda, "kata Risnawanto.


Jika diperlukan akan dibuatkan peraturan daerahnya. "Kami di Pemda Pasbar juga akan membuat program baru seperti Jumat berkah. Yang mana di hari Jumat akan ada kegiatan berinfaq atau jumat berbagi, dan hal serupa lainnya, yang bertujuan untuk mengumpulkan uang dan selanjutkan akan dibagikan kepada yang membutuhkan, "ujarnya.


Wabup Risnawanto meminta agar wakaf tersebut dibuatkan aplikasinya. Masyarakat yang ingin ikut berwakaf bisa melakukan transfer melalui aplikasi itu, karena saat ini teknologi sudah semakin canggih.


Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Barat, Japeri, mengatakan jika wakaf saat ini semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia, semenjak Presiden RI beberapa waktu lalu meluncur kan program tersebut. 


Di Pasbar mayoritas masyarakatnya memiliki kebun sawit. Akan lebih bagus lagi jika satu keluarga mewakafkan satu batang pohon sawit untuk diwakafkan. 


"Jika setiap rumah memiliki sawit, dan mewakafkan satu batang sawit. Maka di saat tertentu, insha Allah hasilnya akan luar biasa, "ujarnya.


Ketua Badan Wakaf Darul Hikmah Amri mengatakan, potensi wakaf di Indonesia cukup besar, dan penduduknya paling banyak adalah muslim. 


Ia menjelaskan, Badan Wakaf Darul Hikmah memiliki beberapa jenis wakaf, yaitu wakaf produktif, wakaf tanah, wakaf masjid, wakaf rumah Quran, wakaf kelas dan asrama, dan wakaf sumur bor. (gjr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update