Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

SMAN 1 Lembah Melintang Masuk Nominasi Lima Terbaik Sumbar

Senin, 13 September 2021 | 17:30 WIB Last Updated 2021-09-13T11:13:47Z

Peserta penyuluhan pengunaan Bahasa Indonesia yang baik.

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - SMA Negeri 1 Lembah Melintang, Pasaman Barat, masuk nominasi lima besar terbaik, tingkat Sumatera Barat dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik, dalam penilaian Badan Balai Bahasa Provinsi Sumbar.


"Benar SMAN 1 Lembah Melintang masuk lima besar penilaian sekolah terbaik dalam penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Dan berhak masuk seleksi tingkat nasional yang pemenangnya akan diserahkan Mendikbud RI di Jakarta pada 28 Oktober mendatang, "kata Aminu Latif Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar di Simpang Empat, Senin 13 September 2021.


Itu disampaikan Aminu Latih, saat penyuluhaan penggunaan Bahasa Indonesia pada Badan Publik, di auditorium kantor Bupati Pasaman Barat Senin. 


Penyuluhan tersebut diikuti oleh perwakilan badan publik OPD Pemkab Pasaman Barat yang dihadiri Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Asisten III Rafan, Peneliti Balai Bahasa Provinsi Sumbar Imron Hadi, dan sejumlah narasumber dari Balai Bahasa Sumbar. 


Sosialisasi bahasa di ruang publik tersebut, berlangsung selama tiga hari Senin (13/9) sampai Rabu (15/9).


"Kita berharap karena bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, semua badan publik menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pelayanan masyarakat, apalagi Pasaman Barat yang multi etnis," katanya.


Dia menyebut, negeri ini kaya dengan bahasa daerah yang mencapai 718 bahasa, maka bahasa Indonesia sebagai pemersatu dan bahasa resmi yang harus di pakai dibudayakan sesuai aturan pemerintah.


Wabup Risnawanto sangat mendukung penyuluhahan berbahasa Indonesia di ruang publik tersebut diikuti oleh instansi  karena sangat bermanfaat. Apalagi kalau diikuti oleh para guru-guru.


"Berbahasa Indonesia  yang baik dan benar itu yang harus kita budayakan, apalagi berbahasa dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), jadi enak di dengar dan dibaca. Saya sokong kegiatan ini agar diikuti dengan serius," kata Riswanto. 


Soal keberhasilan SMAN Lembah melintang, Risnawanto,  meminta pihak sekolah agar mengikuti seleksi nasional dengan baik dan bisa juara pula di tingkat nasional. (robi)




×
Berita Terbaru Update