Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Khairunas: BBI Bariang Potensial Dikembangkan Menjadi Wisata Edukasi

Minggu, 12 September 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-09-12T15:18:07Z
Bupati Khairunas saat mengunjungi BBI Bariang.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Lokasi Balai Benih Ikan (BBI) Bariang, Nagari Lubuk Gadang Utara, yang asri dan sejuk, membuat bupati Solok Selatan Khairunas mencetuskan idenya untuk terus mengembangkan BBI tersebut.


"Suasananya nyaman dan penuh dengan pepohonan. Bagus untuk kita kembangkan menjadi wisata edukasi perikanan air tawar, "ungkap Bupati Khairunas di saat mengunjungi BBI Bariang, Sabtu 11 September 2021.


Bupati yang hadir bersama wakil bupati Yulian Efi, Sekdakab Syamsurizaldi, dan sejumlah OPD tersebut, menginstruksikan dinas terkait (Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan/DKPP) serta pengelola BBI untuk terus meningkatkan kebersihan dan keindahan di areal tersebut, termasuk menambah pepohonan agar lebih rindang dan nyaman dikunjungi.


"Lakukan terus penghijauan, buat taman. Jadikan tempat wisata yang diintegrasikan dengan kegiatan perikanan. Kita terus upayakan dua BBI kita lebih berkembang lagi," harapnya.


Bupati juga meminta BBI Bariang untuk lebih meningkatkan produktifitas dalam menghasilkan bibit ikan, agar dapat dinikmati oleh masyarakat secara lebih luas.


Guna mendukung itu, ia akan mengkaji untuk meningkatkan biaya operasional dua BBI yang dimiliki pemkab saat ini, yakni BBI Bariang dan BBI Pakan Salasa di Pauh Duo.


"Jika saat ini biaya operasional dua BBI kita hanya sekitar Rp. 400 juta, tahun depan kita kaji untuk ditingkatkan anggarannya. Kita juga mendorong BBI untuk terus berinovasi, dan pemkab siap untuk mendukung itu," ujar Bupati.


Sementara itu, Plt. Kadis DKPP Yalasri didampingi Plt. Sekretaris Dinas Yani Suryani, Kabid Perikanan Deni Triputra dan Kepala BBI Topin mengatakan bahwa BBI Bariang tersebut sudah tiga tahun menjadi lokasi edu wisata khususnya bagi para pelajar yang ingin lebih tahu tentang dunia perikanan.


Sedangkan untuk produksi bibit ikan tahun 2020 silam, dari kedua BBI tersebut menurutnya menghasilkan 2,7 juta bibit ikan dari berbagai jenis, diantaranya ikan Gariang, Malaguang, Nila, dan jenis bibit ikan lainnya.


Dalam kunjungannya, disamping meninjau beberapa pekerjaan fisik di BBI tersebut, Bupati juga memberikan sejumlah bantuan bibit ikan kepada beberapa kelompok tani. (Alwis)




×
Berita Terbaru Update