Notification

×

Iklan

UAS: Konversi Bank Nagari ke Syariah Ujian Iman

Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:43 WIB Last Updated 2021-08-26T13:43:34Z

Ustad Abdul Somad (UAS) bersalaman dengan Gubernur Mahyeldi.

Padang, Rakyatterkini.com - Ustad Abdul Somad menilai perjuangan konversi Bank Nagari dari sistem konvensional menjadi Bank Umum Syariah merupakan ujian iman bagi masyarakat Sumbar.


"Kalau kendala dari proses konversi ini adalah khawatir akan mengakibatkan kerugian maka ini adalah ujian bagi iman masyarakat Sumbar," katanya saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy, Kamis 26 Agustus 2021.


Ia mengatakan jika iman sudah kuat maka tidak ada alasan lagi untuk meninggalkan sistem riba dan beralih ke sistem syariah karena Allah sudah menjamin rezki hamba-Nya. Ada 90 ayat dalam Al Quran yang mengatakan Allah sudah menetapkan dan menjamin rezki itu.


Sebaliknya ada pula satu ayat dalam Al Quran yang mengatakan syetan itu menjanjikan kefakiran. "Mungkin yang takut rugi, yang takut jadi fakir jika memilih sistem syariah itu masih terbujuk rayuan syetan yang disebut Al baqarah 268 itu," katanya.


UAS mengatakan untuk beralih pada sistem syariah itu tidak bisa dimulai dari atas. Dengan aturan yang dibuat oleh gubernur atau bupati/wali kota. Tetapi harus ada kesadaran dari bawah.


Ia menyarankan untuk menggaungkan ekonomi syariah dengan menggandeng semua penceramah, tokoh agama, najlis taklim dan organisasi keagamaan agar secara terus menerus menyampaikan keunggulan ekonomi syariah dalam setiap ceramah.


Selanjutnya ia mengatakan amal dari gubernur, bupati/wali kota bukan hanya sholat dhuha, bukan sekadar tahajud, baca Quran. Itu amal yang biasa. "Amalnya, ijtihadnya adalah konstitusional. Merubah dari konvensional ke syariah itu adalah kontitusional," ujarnya.


Terakhir ia berpesan agar kepala daerah yang sedang memperjuangkan konversi itu untuk tidak terlalu memikirkan "bully" yang dialamatkan kepadanya. Bagaimanapun hebatnya orang, bahkan Nabi Muhammad pun kena bully. 


Sebelumnya Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar memang tengah berjuang untuk melakukan konversi Bank Nagari dari konvensional menjadi Bank Umum Syariah. Dalam RUPS sudah disepakati paling lambat sudah terlaksana pada Januari 2023.


Lebih lanjut ia mengatakan UAS telah menjadi inspirasi baginya untuk membuat program pembangunan terutama yang menyangkut daerah terisolir.


Selama kunjungan akan dilihat apa yang bisa dibantu sesuai dengan kewenangan provinsi sehingga pembangunan itu benar-benar bisa merata hingga ke daerah tersulit. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update