Notification

×

Iklan

Tes CPNS Pasbar Oktober 2021, Saifudin: 'Yang akan Lolos Orang-orang Cerdas'

Rabu, 25 Agustus 2021 | 15:21 WIB Last Updated 2021-09-06T10:50:22Z

Kepala BKPSDM Pasbar, Saifudin Zuhri.


Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Minat untuk menjadi CPNS maupun menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 di Pasaman Barat tampaknya cukup tinggi.


Itu terbukti dengan membludaknya pelamar CPNS dan PPPK di Pasaman Barat dengan total pelamar 9.157 pelamar dengan total formasi yang tersedia 1.440 orang CPNS/PPPK.


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumbar Daya Manusia (BKPSDM) Pasaman Barat, Saifudin Zuhri, didampingi Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Harinal, Rabu 25 Agustus 2021 di Simpang Empat menyebutkan saat ini proses rekrutmennya sedang berjalan. 


Pemerintah menerima pegawai dengan dua jalur CPNS dan PPPK. Pada prinsipnya dua kategori Aparatur Sipil Negara tersebut, memiliki kewajiban dan hak yang sama. Bedanya saja pegawai PPPK tidak mendapat hak pensiun. Pegawai saat ini PPPK peruntukkannya didominasi oleh guru, dengan syarat telah terdaftar pada data Dapodik. 


"Saat ini proses dalam masa sanggah bagi calon yang gagal dalam proses administrasi, semua sudah kita jawab secara anline," kata Saifudin.


Disebutkan, perkiraan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dilaksanakan pada Oktober 2021 mendatang di Pemkab Pasaman Barat. Kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Kompensi Bidang (SKB), kemudian baru diumumkan yang lolos. 


"Semua proses dilaksanakan secara transparan  dengan komputerisasi, jadi hasilnya terukur dan cepat diketahui pelamar," sebut Saifudin.


Pelaksaan seleksi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan mendapat izin dari Satgas Covid-19. Peserta wajib di swab PCR sehari menjelang pelaksanaan ujian SKD, atau Rapit anti gen sehari menjelang seleksi dilaksanakan.


Dia sangat mendukung program pemerintah pusat untuk seleksi secara online dengan sistem informasi tekhnologi, (IT).


"Dengan seleksi IT ini tentu yang akan lolos adalah orang yang cerdas dan kompeten, siapa yang tidak menguasai IT dia akan ketinggalan. Karena yang akan kita layani adalah orang-orang cerdas, jadi aparaturnya harus cerdas dulu," kata Saifudin.


Ada pun rincian pelamar CPNS di Pasaman Barat sebanyak  7.280 pelamar dengan formasi 232 CPNS, terdiri dari 88 tenaga  kesehatan dan 144 orang tenaga teknis.


Sedangkan untuk pelamar PPPK  non guru  dengan jumlah pelamar 17 pelamar dengan  formasi yang  diterima 3 orang, yang akan ditempatkan sebagai instruktur tenaga kerja.


Formasi PPPK guru sebanyak 1.205 yang akan diangkat sebagai guru kelas 624 orang, guru agama  183, dan sisanya 398 guru mata pelajaran lainnya seperti Penjas, Bahasa Inggeris, Mamatika, Bimbingan Konseling dan bidang studi lainnya, dengan pelamar ribuan orang.


Adapun yang tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi atau gagal dari total  pelamar 9.157 tersebut sebanyak 1.085 pelamar. 


Tahun 2020 lalu Pemkab Pasaman Barat, juga telah mengangkat 269 orang pagawai PPPK yang terdiri dari guru dan tenaga kesehatan serta penyuluh pertanian. (gjr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update