Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dilewakan, Asisten II, Putra Nusa Sandang Gelar Kebesaran Adat Dt Tambaso

Minggu, 22 Agustus 2021 | 22:11 WIB Last Updated 2021-08-22T15:11:03Z
Putra Nusa sandang gelar kebesaran adat Dt Tambaso.


Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Asisten II Sekretariat Daerah  Kabupaten Solok Selatan, Putra Nusa, sandang gelar (gala) kebesaran adat Minangkabau Dt Tambaso, suku kaum Panai Lundang, Minggu 22 Agustus 2021, di rumah gadang kaum di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.


Gala adat disandang Asisten II tersebut melalui prosesi adat 'malewakan gadang basalin baju' (pemberian gelar besar bersalin baju) dari Yon Asril Dt Tambaso kepada Putra Nusa Dt Tambaso.


Prosesi pemberian gelar pemimpin kaum ini diawali dengan syukuran yaitu menyembelih seekor Sapi pada Jumat (20/8/2021) di lapangan Bancau Koto Baru untuk dihidangkan dan dimakan bersama  dengan pemimpin adat, anak kemenakan, bundo kanduang, dan masyarakat sekitarnya.


Alek malewakan gala ini berlangsung begitu kental dengan nuansa adat budaya Minangkabau. Prosesi arak-arakan dan seni musik tradisional juga disuguhkan.


Malewakan Basalin Baju dilakukan lantaran Yon Asrial Dt Tanbaso mengundurkan diri dengan hati tulus dan ikhlas dan tidak ada paksaan. Lantaran, kondisi kesehatan tidak memungkinkan lagi. "Bukik alah tinggi, lurah nan alah dalam".


"Kami selaku pemimpin kaum selama ini meminta maaf jika ada berbuat kesalahan. Dan berharap semoga ke depannya Putra Nusa Dt Tambaso mampu mengemban amanah dan tugas selaku pemimpin kaum. Sahilia samudiak dengan anak kaum dan kemenakan dalam balutan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," ujar Yon Asrial.


Prosesi yang berlangsung di dalam rumah gadang kaum Dt Tambaso suku Panai Lundang itu, disaksikan sejumlah pemimpin kaum, anak kaum, bundo kanduang, tokoh adat dan masyarakat dan juga sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Solsel. (alwis)




×
Berita Terbaru Update