Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Produk Kreatif 'Botuong Craft' Buka Potensi Baru untuk Pemuda-pemudi

Selasa, 08 Juni 2021 | 08:10 WIB Last Updated 2021-06-08T01:10:44Z
Produk kreatif Botuong Craft buka potensi baru di Tanah Datar.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pemuda yang aktif kegiatan sosial yang nominasi pemuda pelopor tingkat nasional 2019, memperkenalkan produk kreatif “Botuong Craft” dari pemuda Jorong Piliang Nagari Limo Kaum, berupa cangkir dan teko terbuat dari bambu.


Wabup Tanah Datar Rich saat menerima kunjungan Ketua Yayasan Sumatera Volunteer Muhammad Husen mengatakan dari hasil karya anak nagari ini dapat membuka potensi baru dalam pemberdayaan masyarakat. 


"Ini yang akan menjadi perhatian pemerintah daerah ke depannya, keunikan produk ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen, ”ujar Wabup Richi, Senin 7 Juni 2021.


M Husen memperkenalkan produk hasil kolaborasi yayasan Sumatera Volunter dengan “Kurambiak Hardwear” berupa tote bag yang dibubuhi potongan songket khas daerah Minangkabau yang telah dipasarkan di Indonesia hingga ke Belanda.


Saat ini program yayasan yang dipimpin Husen menggerakkan pemuda Jorong Piliang Nagari Limo Kaum yang tergabung dalam kelompok kreatif yang bernama “Botuong Craft" membuat gelas dan teko dari bambu.


Bentuk kegiatan yang dilakukan mulai penyediaan alat produksi, pematangan konsep produk, quality control, branding produk melalui sosial media, dan pemasaran produk. 


Untuk produk gelas dan teko bambu ini, pemerintah nagari Limo Kaum dan lembaga unsur pemuda Nagari Limo Kaum turut memberikan perhatian juga dengan meminjamkan beberapa alat produksi.


Pemuda dan pemudi Tanah Datar dapat mencontoh dari apa yang telah dikerjakan Ketua Yayasan Sumatera Volunteer ini. 


"Kita (Tanah Datar) butuh pemuda yang seperti ini, yang berperan aktif guna memberikan dampak positif demi kemaslahatan masyarakat, "ujar Wabup. (farid)




×
Berita Terbaru Update