Notification

×

Iklan

Musrenbang Ulakan Tapakih Tetapkan 24 Usulan Prioritas Nagari

Senin, 22 Februari 2021 | 15:58 WIB Last Updated 2021-02-22T08:58:44Z


Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Pemerintah daerah diwajibkan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran rencana penyelenggaraan pembangunan untuk mencapai visi dan misi daerah. 


Sebagai dokumen yang memuat rencana pembangunan satu tahun ke depan, maka diperlukan pendekatan partisipatif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. 


Salah satu proses partisipatif dalam penyusunan RKPD adalah melalui pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).


Bertempat di aula Kantor Camat Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Sungai Gimba Ulakan pada Senin (22/2/2021), diselenggarakan Musrenbang tingkat Kecamatan Ulakan Tapakih dan penyusunan RKPD Kabupaten Padang Pariaman 2022. 


Yang mengusung tema Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan SDM Berkualitas Berbasiskan Pemberdayaan Masyarakat.


Hadir dalam acara pembukaan Musrenbang, Staf Ahli Bupati, Arman Adek, sekaligus membuka secara resmi. 


Musyawarah diikuti oleh sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari 5 orang utusan 8 nagari, perwakilan OPD dan tim perumus. Sebanyak 24 usulan kegiatan prioritas nagari, akan ditetapkan dalam musyawarah ini dan sejumlah program kegiatan yang tidak tertampung dalam RKP Nagari akan diusulkan di Musrenbang tingkat kabupaten. 


Kegiatan prioritas yang diusulkan nagari dibagi dalam tiga bidang, yaitu fisik dan sarana prasarana, sosial budaya dan perekonomian.


Sementara Arman Adek mengharapkan pelaksanaan Musrenbang ini berjalan dengan baik dan mengakomodir semua kebutuhan nagari sesuai usulan prioritas. 


Jika ada kegiatan yang tidak tertampung dalam RKP nagari, dapat dilanjutkan usulannya dalam Musrenbang kabupaten dan melalui dana pokok pemikiran anggota DPRD yang berasal dari wilayah Ulakan Tapakih.


Anggota DPRD Syafrinaldi, mengatakan, pertemuan ini menjadi forum yang sangat penting, sebagai media diskusi dan musyawarah pihak-pihak yang berkepentingan, dalam merumuskan program dari kegiatan pembangunan di Kecamatan Ulakan Tapakih. 


Dengan tujuan utama adalah agar adanya satu pendangan dan persepsi yang sama, serta lebih siap untuk mengantisipasi tantangan dan peluang pembangunan yang akan dihadapi. (Sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update