Jelang Pilkada, PPK Ulakan Tapakis Lakukan Persiapan Akhir -->

Jelang Pilkada, PPK Ulakan Tapakis Lakukan Persiapan Akhir

Sabtu, 28 November 2020, 10:23



Ulakan, Rakyatterkini.com – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati Padang Pariaman, seluruh daerah pelaksana melakukan persiapan akhir. 


Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ulakan Tapakis melaksanakan rapat koordinasi gabungan terkait penerimaan, pengamanan dan pendistribusian logistik pemilihan kepala daerah pada Rabu (25/11/2020) di aula kantor Camat Ulakan Tapakis.


Hadir dalam kegiatan itu Plt. Camat Ulakan Tapakis Syafruddin, Kapolsek Nan Sabaris AKP. Yusrizal Efendi, Danramil 07/Pauh Kambar Kapten Inf. Agus Lesmono diwakili oleh Serda Pry Iryanto, Ketua Panwascam Muhammad Iqbal, Ketua PPK Syahrul Mubarak, beserta anggota dan anggota PPS se kecamatan Ulakan Tapakis serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


Kegiatan Rakor dipandu oleh anggota PPK Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Zainal Abidin. Diawali dengan penyampaian laporan persiapan oleh ketua PPK Ulakan Tapakis, Syahrul Mubarak. Kemudian dilanjutkan arahan oleh Camat Ulakan Tapakis dan Kapolsek Nan Sabaris.


Dalam laporannya, Syahrul Mubarak menyampaikan bahwa Pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada yang sebelumnya. Karena, saat ini kita masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19.


Syahrul menambahkan, karena beberapa hari lagi KPU akan mendistribusikan logistik ke kecamatan. Maka tentu kita harus siap dengan penyimpanan sementara logistik, kemudian pengamannya, lalu untuk pendistribusian dari kecamatan ke TPS. Kita minta kerjasama serta dukungan dari semua yang hadir. Baik itu dari pihak Kecamatan, TNI, Polri, Pengawas dan yang terkait lainnya.


Plt. Camat Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan, mendukung penuh apa yang dilakukan oleh PPK, karena kita berkeinginan pelaksanaan Pilkada serentak ini berjalan dengan baik, aman dan lancar.


“Kita akan memfasilitasi sebagai lokasi penyimpanan logistik di kantor Camat, dengan tujuan memudahkan pendistribusian dan untuk keamanan. Karena, keberhasilan penyelenggaraan Pilkada di kecamatan Ulakan Tapakis adalah keberhasilan kita semua.” Jelasnya.


Kapolsek Yusrizal Efendi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada PPK. Karena telah bekerja baik, terutama dalam hal komunikasi dan koordinasi dalam setiap proses Pilkada.


“Kami dari kepolisian dan juga bersama TNI, siap mendukung dan memberikan pengamanan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak ini. Karena jika ada masalah atau gangguan nantinya, dalam pelaksanaan. Maka akan berdampak juga pada kami, selaku penanggung jawab keamanan di kecamatan Ulakan Tapakis ini. Jadi mari kita bekerjasama dan saling koordinasi, supaya kegiatan pesta demokrasi ini bisa lancar dan aman dan lancar.” Ujar Kapolsek yang akrab dipanggil Zal Abu itu.


Senada dengan itu, Ketua Panwascam Ulakan Tapakis M. Iqbal menyampaikan.

Bahwa Panwas juga akan mengawal proses penyaluran logistik sampai ke TPS dan kembali lagi ke PPK. Maka dengan itu, kami minta koordinasi terus dilakukan antara instansi terkait dengan pelaksana. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam pelaksanaan tugas di lapangan nantinya.


Danramil 07/Pk yang diwakili oleh Serda Pry Iryanto menambahkan, Koramil 07/Pauh Kambar akan mendukung Polsek Nan Sabaris untuk menjamin pengamanan wilayah selama pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah yang akan dilaksanakan secara serentak tanggal 9 Desember mendatang.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, yang telah menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya, tempat penyimpanan sementara logistik adalah di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakis, untuk pengamanan pendistribusian logistik akan dikawal oleh aparat TNI dan polri.


Diketahui, jumlah kotak suara yang akan didistribusikan adalah sebanyak 80 kotak suara. Yang akan dikirim ke 40 TPS yang ada di nagari dan korong se kecamatan Ulakan Tapakis. (SgR)

TerPopuler