Notification

×

Iklan

Tim Gabungan Penyegelan Bangunan Tanpa Izin 'Gempur' Empat Kelurahan di Kota Payakumbuh

Kamis, 14 Maret 2024 | 18:18 WIB Last Updated 2024-03-14T11:18:06Z

Kadis PUPR Kota Payakumbuh, Muslim S.T. M.Si.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Penyegelan bangunan gedung yang tidak berizin terhadap enan bangunan di empat kelurahan pada dua kecamatan Kota Payakumbuh dilaksanakan oleh tim yang dikoordinir oleh Dinas PUPR Kota Payakumbuh .

Tim terdiri Polres Payakumbuh, Koramil Kota Payakumbuh, Satpol PP, serta OPD terkait seperti Bagian Hukum Setdako Payakumbuh, DPMPTSP, Dinas PKP, Dinas LH, serta didampingi oleh Camat dan Lurah setempat pada lokasi Penyegelan.

Pelaksanaan penertiban bangunan diawali dengan apel kehadiran tim yang dipimpin Kadis PUPR Muslim S.T. M.Si. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan penyegelan bangunan gedung yang tidak berizin, ujar Muslim, Kamis (14/3/2024).

Muslim menyampaikan, sebelumnya Dinas PUPR telah memberikan surat teguran satu sampai ketiga kepada pemilik bangunan, namun pihak terkait tidak mengindahkan himbauan tersebut.


Penertiban bangunan melalui penyegelan bangunan ini untuk memberikan sosialisasi dan efek jera kepada masyarakat, bahwa ternyata membangun suatu bangunan perlu izin dan izin tersebut nantinya berguna sekali bagi masyarakat salah satunya untuk mendapatkan utilitas umum seperti, listrik dan air PDAM.

Pemanfaatan tata ruang dinas PU melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan ruang dan juga pengawasan terhadap pembangunan gedung baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah sendiri. 

"Pengawasan tata ruang kita lakukan untuk memastikan bangunan yang akan dibangun itu telah sesuai izin, jika belum mempunyai izin harus mempunyai izin terlebih dahulu, sehingga bangunan sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan ketentuan teknis. 

Misalnya jarak dari jalan berapa meter dan luasan ruang terbuka hijau serta luasan halaman yang disediakan, termasuk penyediaan air minumnya, septic tank.


"Itu kita berikan dalam izin dan kita awasi ketika masyarakat melakukan pembangunan, ujar Muslim

Disamping itu juga melakukan pengawasan terhadap konstruksinya, jadi ada tim pembina komstruksi yang melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang sedang berlangsung dari konstruksinya.

Misalnya apakah konstruksi bangunan tersebut sesuai dengan ketentuan persyaratan teknis, misalnya mutunya ataupun pembesiannya, sehingga tidak terjadi kegagalan bangunan.

Intinya poin tersebut ada dua, yakni pengawasan terhadap tata ruang dan pengawasan terhadap konstruksi bangunan itu sendiri, tutur Kadis PUPR Kota Payakumbuh tersebut. (dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update