Notification

×

Iklan

Pj. Wali Kota Payakumbuh Temukan Kemasan Makanan yang Rusak di Sebuah Swalayan

Jumat, 22 Maret 2024 | 22:23 WIB Last Updated 2024-03-22T15:23:20Z

Jasman saat melakukan pengawasan di swalayan.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman memastikan kebersihan dan keamanan makanan dengan melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan di Pasar Pabukoan, Jl. Soetan Usman, Payakumbuh, Jumat (22/3/2024).

"Kami ingin memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat kita saat berbuka puasa itu sehat, bersih, dan aman," ujar Jasman.

Monitoring ini dilakukan bersama tim dari BPOM Payakumbuh, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PMPTSP, dan Satpol PP.

Menurut Jasman, hasil monitoring dan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPOM Payakumbuh menunjukkan bahwa makanan yang dijual di Pasar Pabukoan Payakumbuh aman dan layak untuk dikonsumsi.

"Dari hasil laboratorium BPOM, dapat kita pastikan makanan yang dijual di Pasar Pabukoan Payakumbuh aman dan layak untuk dikonsumsi. Tidak ada zat berbahaya seperti borak, formalin, dan sebagainya," katanya.

Jasman juga menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk berbelanja di Pasar Pabukoan Payakumbuh karena semuanya telah memenuhi standar kebersihan dan keamanan.

Setelah memantau Pasar Pabukoan, Jasman dan timnya melanjutkan monitoring ke Guci Swalayan di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai. Mereka menemukan beberapa kemasan makanan yang sudah rusak.

"Kita minta kepada pengelola untuk tidak menjual dan memajang kemasan produk yang sudah rusak karena bisa merusak makanan di dalamnya," ujarnya.

Jasman juga mengingatkan seluruh pemilik dan pedagang barang harian untuk selalu memperhatikan barang-barang yang sudah kadaluarsa dan segera menariknya dari peredaran untuk dimusnahkan.

"Kita meminta para pedagang untuk secara berkala memeriksa label kadaluarsa barang-barang mereka untuk memastikan keamanan dan kesehatan konsumen," tambahnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjadi pembeli yang cerdas dengan memperhatikan kode produksi, tanggal kadaluarsa, dan kondisi kemasan sebelum membeli barang. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update