Notification

×

Iklan

Penanganan Sampah dan Stunting Jadi Prioritas Pemko Payakumbuh

Kamis, 07 Maret 2024 | 20:30 WIB Last Updated 2024-03-07T15:14:32Z

Pj Walikota Jasman pimpin Musrenbang RKPD dan rembuk stunting di Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, hadir dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Payakumbuh Tahun 2025 dan Rembuk Stunting 2024, Kamis (7/3/2024).

Musrenbang yang bertemakan "Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui SDM yang Berkualitas dan Berdaya Saing" dihadiri Ketua DPRD Hamdi Agus, Unsur Forkopimda Kota Payakumbuh, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, pejabat daerah, camat, lurah, instansi vertikal, BUMN, BUMS, TP PKK Kota Payakumbuh, LSM, tokoh masyarakat Payakumbuh, dan tamu undangan lainnya.

Jasman menekankan pentingnya Musrenbang sebagai wadah untuk menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ia mengungkapkan Musrenbang di Kota Payakumbuh melibatkan tingkat terkecil masyarakat, dimulai dari rembuk RW, untuk memastikan partisipasi yang maksimal.

Dalam merumuskan rencana pembangunan, Jasman menekankan skala prioritas, khususnya dalam penanganan persoalan sampah di kota tersebut, yang termasuk sampah kecamatan dan sampah kelurahan.

Ia menegaskan bahwa persoalan sampah memerlukan kolaborasi untuk mencari solusi dari hulu ke hilir, serta sosialisasi mengenai penanggulangan dan pengolahan sampah oleh OPD terkait.

Selanjutnya, Jasman menyampaikan harapannya agar persoalan sampah masuk dalam prioritas anggaran tahun 2025, dan mengajak untuk melakukan perencanaan penanganan sampah dari hulu ke hilir, agar penanganan sampah lebih efektif dan efisien.

Ia juga menyinggung persoalan stunting dan inflasi sebagai tantangan Kota Payakumbuh pada tahun 2025, sambil mengapresiasi pencapaian kota tersebut dalam memerangi kemiskinan ekstrem.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Hamdi Agus, menegaskan bahwa Musrenbang ini merupakan ketaatan pada sistem perencanaan pembangunan nasional, sambil menekankan pentingnya menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dalam perencanaan program pembangunan.

Hamdi juga menyoroti usulan dari DPRD yang perlu ditindaklanjuti, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan transportasi, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update