Notification

×

Iklan

Langkah Antisipatif Pemko Payakumbuh, Rapat Koordinasi Siaga Hadapi Arus Mudik Idul Fitri

Rabu, 20 Maret 2024 | 02:00 WIB Last Updated 2024-03-19T23:20:58Z

Rapat koordinasi siaga hadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh bersama Forkopimda mengambil berbagai langkah antisipatif dalam rangka menciptakan keamanan dan kelancaran arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Salah satu langkahnya adalah menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan dan Rencana Pengamanan Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024 di ruang pertemuan Randang lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh pada Selasa (19/3/2024).

"Pertemuan ini memungkinkan kita untuk lebih awal mempersiapkan langkah-langkah antisipasi guna mengatasi permasalahan yang sering terjadi menjelang Lebaran, terutama terkait arus mudik," ujar Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman dalam pembukaan rapat.

Selain itu, Pemko Payakumbuh juga memperhatikan potensi gangguan keamanan seperti pelanggaran lalu lintas dan kasus pencurian yang biasanya meningkat selama bulan puasa dan cuti bersama.

Jasman juga mengingatkan pentingnya memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat serta pengawasan terhadap kelayakan makanan dan minuman yang beredar.

"Bahan pokok menjadi perhatian utama bagi Pemko Payakumbuh. Kami sudah menyiapkan tim untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan menjelang Lebaran," lanjutnya.

Dalam hal pasokan listrik dan air, Jasman meminta PLN dan PAMTIGO untuk memastikan tidak ada gangguan pasokan selama Lebaran.

Kapolres Wahyuni Sri Lestari menegaskan kesiapannya dalam mendukung keamanan dan ketertiban di kota Payakumbuh pasca Idul Fitri.

"Kami sudah mempersiapkan segala kebutuhan keamanan dan kenyamanan masyarakat untuk menghadapi Lebaran," ujar Kapolres Yuni.

Kapolres juga mengimbau agar tidak ada pemungutan liar di jalan untuk menjaga kenyamanan warga saat mudik.

Di sisi lain, MUI dan PHBI menyampaikan bahwa perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini akan berlangsung pada waktu yang sama.

"Alhamdulillah, pelaksanaan Lebaran antara pemerintah dan Muhammadiyah akan berlangsung bersamaan tahun ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang berbeda," kata Ketua MUI Buya Haji Erman Ali. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update