Notification

×

Iklan

Kunjungi Pustaka Nasional, Kepala SD Program Sekolah Pengerak Kota Payakumbuh Siap Meningkatkan Literasi

Jumat, 08 Maret 2024 | 08:00 WIB Last Updated 2024-03-08T06:47:11Z

Kepala SD Program Sekolah Pengerak berkunjung ke Perpustakaan Nasional.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Sepuluh kepala SD pelaksana program sekolah pengerak (PSP) berkunjung ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Selasa, 6 Februari 2024, di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Selain kepala SD, rombongan juga diikuti pengawas SD Syarfionarita, Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Nikmat Elva, serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan pembinaan dan arahan dari Kepala Perpusnas/Deputi dan para Pustakawan Utama. 

Adapun manfaat yang diharapkan dari kunjungan ini adalah:

Penguatan perpustakaan sekolah sebagai sarana literasi. 
Memahami prosedur dan persiapan untuk Akreditasi Perpustakaan Sekolah.
Aktivasi layanan Perpustakaan digital untuk guru dan siswa Kota Payakumbuh.
Menerima hibah buku bacaan untuk memperkaya bahan bacaan perpustakaan sekolah.
Melihat koleksi berbagai karya di Gedung Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11, Jakarta Pusat, termasuk koleksi di lantai 2, 5, 7, 9, dan 24.

Rombongan kepala SD Pelaksana Program PSP tersebut, Peri Anita, Kepsek SDN 01 Payakumbuh, Sri Herawati, Kepsek SDN 20, Wisma Diandra, Kepsek SDN 28, Yusfita Rahmi, Kepsek SDN 33, Deri Sasmita, Kepsek SDN 40, Zilhusni,  Kepsek SDN 45, Sonya Anggraini, Kepsek SDN 51, Afni Filda, Kepsek SDN 55, Aslina Roza, Kepsek SDN 61, Ananda Putra, Kepsek SDS IPHI Payakumbuh.

Rombongan Kadis Pendidikan dan Kepsek PSP Kota Payakumbuh disambut hangat di lantai 5 oleh Ibu Dra. Mariana Ginting, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, yang didampingi oleh Yuliatry Bunga, , Ketua Kelompok Kerja Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan, dan Yuli Maryani, Ketua SubKelompok Kerja Layanan Referensi Perpusnas RI.

Setelah dijelaskan berbagai program dan kegiatan Perpusnas RI, seperti peningkatan ketersediaan koleksi buku bacaan untuk siswa SD, SMP, dan SLTA melalui perpustakaan Desa, pembinaan dan akreditasi perpustakaan sekolah, serta layanan digital Perpusnas, rombongan dari Kota Payakumbuh diajak naik ke lantai 24 gedung Perpusnas RI untuk melihat koleksi kebudayaan dan buku daerah-daerah se-Indonesia, termasuk koleksi buku-buku Minangkabau dan Sumatera Barat. 

Kemudian, rombongan turun ke lantai 9 untuk melihat berbagai naskah kuno Nusantara dan diberikan beberapa buku untuk dibawa ke Payakumbuh.

Setelah mengunjungi lantai 9, rombongan dibawa ke lantai 7, tempat buku-buku untuk bacaan anak sekolah dan ruang layanan perpustakaan bagi anak sekolah, dan kemudian ke lantai 2 untuk mendaftar secara langsung dan mendapatkan kartu keanggotaan Perpusnas RI yang berlaku seumur hidup.

Kepsek yang berkunjung ke Perpusnas RI berjanji untuk segera membenahi layanan perpustakaan sekolah di sekolah masing-masing dan menyediakan tenaga/petugas layanan perpustakaan yang kompeten melalui pelatihan yang akan dilakukan dengan ahli-ahli perpustakaan dari Perpusnas RI. 

"Kami segera akan menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola perpustakaan sekolah guna mengoptimalkan layanan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa," jelas Ananda Putra, Kepala SD IPHI Kota Payakumbuh, yang diamini oleh kepsek PSP lainnya. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update