Notification

×

Iklan

Pj Wali Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Beasiswa untuk 370 Penerima dari Baznas

Jumat, 02 Februari 2024 | 15:22 WIB Last Updated 2024-02-02T08:22:49Z

Pj Walikota usai menyerahkan bantuan Baznas bidang pendidikan.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Upaya mendukung pendidikan, Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Jasman, menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh kepada 370 orang penerima, Jumat (2/2/2024).

"Alhamdulillah kali ini kita bersama Baznas dan Dinas Pendidikan menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan dari Baznas Kota Payakumbuh untuk 370 orang di lingkungan pendidikan, "ujar Jasman.

Ia menekankan tujuan dari bantuan beasiswa ini adalah untuk memfasilitasi siswa yang kurang mampu agar dapat memenuhi kebutuhan sekolahnya.

Diceritakan, dukungan terhadap Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Payakumbuh dengan Ruang Guru, yang mencakup pembiayaan pelaksanaan Pelatihan Coding bagi siswa SD dan SMP. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan IT siswa dalam coding, seperti pembuatan aplikasi dan game edukatif.

Jasman juga memberikan pesan kepada kepala sekolah, guru, dan wali murid agar mendampingi serta mengarahkan murid-murid untuk memanfaatkan dana bantuan beasiswa sesuai peruntukannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril, menjelaskan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Dinas Pendidikan dengan Baznas Kota Payakumbuh. 

"Kita memiliki kesepakatan dengan Baznas bahwa sebagian zakat yang dikumpulkan dari gaji pegawai, guru, dan sertifikasi guru akan disalurkan kembali kepada yang membutuhkan di lingkungan Dinas Pendidikan," ujarnya.

Dalam penyaluran kali ini, bantuan senilai Rp200 juta disalurkan kepada 370 penerima dengan rincian untuk TK Negeri (26 orang masing-masing Rp250 ribu), SD Negeri (226 orang masing-masing Rp500 ribu), SMP (85 orang masing-masing Rp600 ribu), serta kesetaraan (15 orang masing-masing Rp600 ribu). Terakhir, ada juga bantuan di bidang kemanusiaan untuk 18 orang yang mengalami musibah dan kesulitan ekonomi.

Ketua Baznas Kota Payakumbuh, Edi Kusmana, menyampaikan bahwa pada awal tahun ini, mereka telah menyalurkan bantuan untuk mahasiswa sebesar Rp125 juta untuk lebih kurang 124 mahasiswa. 

Selain itu, Baznas juga telah memberikan bantuan untuk kesehatan, dan saat ini, mereka menyalurkan bantuan pendidikan melalui UPZ di Dinas Pendidikan.

Edi Kusmana menegaskan, gunakan bantuan sesuai dengan peruntukannya, mohon jangan digunakan untuk kepentingan konsumtif dan kepentingan lainnya yang tidak sesuai peruntukannya. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update