Notification

×

Iklan

Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Pilar Kebangkitan Payakumbuh Menuju Kemajuan

Jumat, 02 Februari 2024 | 13:00 WIB Last Updated 2024-02-02T08:14:22Z

Musrenbang Payakumbuh Utara.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Niniak Mamak dan Bundo Kandung memainkan peran krusial dalam mendukung pemerintah daerah dalam menyusun usulan untuk perencanaan pembangunan di Kota Payakumbuh.

Pernyataan ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Payakumbuh Utara, Jumat (2/2/2024).

"Waktu ini kita telah terlalu fokus pada kesuksesan pembangunan fisik saja, tanpa memperhatikan pembangunan aspek kejiwaan. Tanpa keseimbangan ini, masa depan negeri kita mungkin terancam," ujar Jasman.

Dikatakan, peran niniak mamak dan bundo kanduang sangat penting dalam pembangunan aspek mental dan karakter. Pembangunan tidak hanya tentang infrastruktur, tetapi juga mengenai perkembangan mental.

"Dalam era teknologi 4.0 ini, pembinaan mental menjadi sangat penting, terutama untuk generasi muda. Kita perlu membangun fondasi ini sejak dini agar daerah kita memiliki arah yang jelas di masa mendatang," tambahnya.

Meskipun demikian, Jasman berharap peningkatan porsi pemberdayaan dalam konteks ini. Menurutnya, dengan jiwa dan mental yang kuat, daerah Payakumbuh dapat meraih kemajuan pembangunan.

"Kami meminta peningkatan dalam program-program pemberdayaan, peningkatan kapasitas, aspek keagamaan, dan pemberdayaan lainnya," katanya.

Jasman juga menggarisbawahi pentingnya melihat dan memahami karakteristik setiap daerah sebelum merencanakan pembangunan. Misalnya, jika suatu kelurahan memiliki keunggulan di sektor pertanian, usulan pembangunan harus difokuskan pada sektor tersebut.

Musrenbang harus didasarkan pada data, sehingga dapat mengarahkan usulan sesuai dengan keunggulan masing-masing daerah. Ini penting agar pembangunan dapat berjalan dengan sukses.

Camat Payakumbuh Utara, Jhonny Parlin, juga berharap agar usulan dalam Musrenbang tahun 2025 tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga mendukung pemberdayaan masyarakat.

"Saat ini, kami sedang mengidentifikasi 5 usulan prioritas dari setiap kelurahan. Semoga usulan ini dapat membawa kemajuan bagi daerah kita," ujarnya.

Parlin mengingatkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi yang akan datang, sambil menekankan pentingnya menciptakan kedamaian dan kemajuan pembangunan untuk nagari kita.

"Penting untuk diingat, tinggal 12 hari lagi kita akan menghadapi pesta demokrasi. Mari salurkan hak pilih kita untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan kedamaian dan kemajuan pembangunan bagi nagari kita," pungkasnya. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update