Notification

×

Iklan

Langkah Proaktif, Panwaslu Payakumbuh Utara Tingkatkan Kompetensi Pengawas TPS

Rabu, 07 Februari 2024 | 18:24 WIB Last Updated 2024-02-07T15:41:21Z

Panwaslu Payakumbuh Utara adakan bimbingan teknis bagi pengawas pemilu.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Payakumbuh Utara adakan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara bagi pengawas kelurahan dan pengawas TPS se-Kecamatan Payakumbuh Utara. 

Acara ini berlangsung di Hotel Sago Bungsu 2, Kenagarian Lubuk Batingkok, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Panwascam beserta anggota, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Tulas Rahmada Yona, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas, dan Parmas, Desemda Putra, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rahma Yanti, serta pengawas kelurahan dan TPS.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Hukmas, dan Parmas, Desemda Putra mengatakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengawas TPS dalam melakukan pengawasan tahapan perhitungan suara dengan akurat serta memanfaatkan aplikasi Siswaslu sebagai alat bantu pengawasan yang efektif. 

"Mari kita siapkan kesehatan fisik dan mental kita serta perkuat ibadah kepada Allah Swt, semoga apa yang kita lakukan dalam melaksanakan tugas kita nantinya dapat memudahkan serta menjamin terselenggaranya pemilu yang adil serta bermartabat," ucap Desemda Putra

Dia juga menekankan Bimtek ini penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilihan umum. 

Dengan pemahaman yang baik tentang perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Siswaslu, para pengawas TPS dapat memastikan bahwa setiap suara yang masuk dihitung dengan benar dan hasilnya dapat terdeteksi secara akurat. 

Ini akan membantu mencegah terjadinya kondisi atau manipulasi hasil pemilihan. Selain itu, bimtek ini juga memberikan kesempatan bagi para pengawas TPS untuk saling berbagi pengalaman dan belajar dari praktik terbaik dalam menjalankan tugas mereka. 

Kolaborasi antara Panwaslu, Bawaslu, PPK, dan para pengawas TPS sangat penting dalam menjaga integritas pemilu. (dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update