Notification

×

Iklan

Jasman Pimpin Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu 2024, Menuju Pemilihan Adil dan Berkualitas

Minggu, 11 Februari 2024 | 22:00 WIB Last Updated 2024-02-11T15:00:00Z

Forkopimda foto bersama usai apel siaga patroli pengawasan Pemilu 2024.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, hadiri apel siaga patroli pengawasan masa tenang Pemilu 2024 di kompleks Galanggang Kubu Gadang, Minggu (11/2/2024).

"Dalam menghadapi tugas yang berat, terutama dalam pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK), saya mengingatkan agar pembersihan dilakukan secara menyeluruh tanpa terkecuali," kata Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman.

Jasman menekankan pengawasan memegang peranan kunci dalam menjamin kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024, memastikan setiap tahapan berjalan sesuai dengan ketentuan.

"Pengawasan memiliki peran vital dalam mengantisipasi dan mencegah segala bentuk gangguan yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024," ungkapnya.

Selain memantau secara langsung, Jasman juga menegaskan bahwa pengawasan meliputi monitoring di media sosial dan aspek lainnya.

Jasman juga mengimbau kepada seluruh pengawas untuk menjaga kesehatan, terutama mengingat masa-masa tahapan yang padat menjelang hari pemilihan pada 14 Februari 2024.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengawas, dari tingkat kota hingga TPS, atas dedikasi dan kerja kerasnya," tambahnya.

Apel dipimpin oleh Komisioner Bawaslu, Aan Muharman, dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Hamdi Agus, Ketua Bawaslu Payakumbuh Rio Gustrinanda, Ketua KPU Payakumbuh Wizri Yasir, serta perwakilan dari Kapolres dan unsur Forkopimda. Peserta apel terdiri dari personel kepolisian, Panwaslu Kecamatan, pengawas kelurahan dan desa, serta pengawas TPS.

Komisioner Bawaslu, Aan Muharman, menekankan pentingnya peran pengawas pemilu dalam menjaga kualitas kontesasi, terutama menjelang pemungutan suara.

"Hari-hari terakhir menjelang pemungutan suara ini sangat krusial, dan keberadaan kita sebagai pengawas pemilu akan menjadi sorotan banyak pihak terhadap kualitas kontesasi ini," katanya.

Ia juga menyoroti tahapan Pemilu 2024 yang dimulai sejak 2022 dengan pendaftaran partai politik peserta pemilu hingga penentuan presiden dan wakil presiden terpilih pada bulan Oktober.

"Pemilu ini akan dinilai berdasarkan Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu, dan Integritas Hasil Pemilu," tambahnya.

Ketua DPRD Payakumbuh, Hamdi Agus, menyambut baik kesiapan dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengawas atas kontribusinya dalam demokrasi Indonesia. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update