Notification

×

Iklan

Polres Limapuluh Kota Musnahkan 10 Kilogram Ganja, Langkah Mantap Lawan Narkoba

Jumat, 19 Januari 2024 | 11:48 WIB Last Updated 2024-01-19T11:37:09Z

Kapolres 50 Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf, musnahkan barang bukti ganja kering.

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Satresnarkoba Polres 50 Kota melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis daun ganja kering yang berhasil diungkap beberapa waktu lalu. 

Pemusnahan ini berlangsung pada Jumat (19/1/2024) di Lapangan Apel Tribrata Polres 50 Kota.

Barang bukti narkotika jenis daun ganja kering yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan Satresnarkoba Polres 50 Kota pada 9 Januari 2024, yang melibatkan pelaku RP alias (28), seorang warga Jorong Koto Tuo Kenagarian Koto Tuo Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kapolres 50 Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf, memimpin proses pemusnahan, didampingi oleh Kasat Resnarkoba Iptu Andhika. Dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh Barat yang diwakili oleh Kasi Pidum, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pati, dan Dandim 0306 beserta PJU Polres 50 Kota.

AKBP Ricardo Condrat, yang membacakan kronologis penangkapan dan penyitaan barang bukti narkotika yang akan dimusnahkan. Hasil penangkapan terungkap bahwa pelaku RP menyimpan 10 paket besar narkotika golongan I berupa tanaman ganja seberat 10.635 Kg di rumahnya, yang terletak di Jorong Taratak Padang Rajo Kenagarian Koto Tuo Kecematan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kapolres 50 Kota menjelaskan pemusnahan barang bukti ini dilakukan untuk mencegah potensi penyimpangan dan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga merupakan bentuk transparansi dan pertanggungjawaban kepada publik, sesuai dengan ketentuan Undang-undang.

"Ini merupakan komitmen, tanggung jawab, dan keseriusan kami dalam penegakan hukum dan pemberantasan Narkoba. Pemusnahan ini juga merupakan bentuk transparansi dan pertanggungjawaban Polres 50 Kota kepada masyarakat terkait upaya pemberantasan Narkotika," ungkap Kapolres.

Setelahnya, dilakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis daun ganja kering seberat 10.635 kilogram dengan cara pembakaran menggunakan minyak tanah dalam drum yang telah disiapkan di halaman Polres 50 Kota. Sebagian sisanya dijadikan sampel pemeriksaan, sementara yang lainnya akan digunakan sebagai bukti dalam proses persidangan.

Setelah pemusnahan, berita acara pemusnahan barang bukti ditandatangani oleh saksi-saksi yang hadir, termasuk tersangka sebagai pemilik narkotika jenis ganja kering tersebut. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Sub Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat(1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update