Notification

×

Iklan

Peristiwa Situjuah ke-75, Semangat Perjuangan Kemerdekaan yang Tak Pernah Padam

Selasa, 16 Januari 2024 | 19:44 WIB Last Updated 2024-01-16T12:44:15Z

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, bersama Forkopimda, saat menghadiri peringatan Peristiwa Situjuah.

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Peringatan Peristiwa Situjuah yang ke-75, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Audy Joinaldy, menegaskan betapa pentingnya mengenang dan menghormati semangat perjuangan pahlawan yang melawan penjajah demi mempertahankan Kemerdekaan. 

Pernyataan tersebut disampaikan saat beliau menjadi Inspektur Upacara pada peringatan di lapangan Khatib Sulaiman Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Senin (15/1/2024).

Audy Joinaldy menjelaskan bahwa Peristiwa Situjuah merupakan bagian dari perjuangan PDRI pada periode 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949. Pada 15 Januari 1949, puluhan pejuang dari pasukan Barisan Pengawal Negeri dan Kota (BPNK) tewas dalam serangan penjajah Belanda di Lurah Kincia, Situjuah Batua. 

Ia menekankan pentingnya menjadikan peristiwa ini sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk melanjutkan perjuangan membangun bangsa dan negara.

"Mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat rela berkorban dan saiyo sakato untuk membangun dan memajukan kabupaten Lima Puluh Kota, khususnya, dan Indonesia yang kita cintai, umumnya," ujar Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Diceritakan, Peristiwa Situjuah adalah bukti nyata perjuangan rakyat mempertahankan kemerdekaan, yang membangkitkan semangat perlawanan terhadap penjajah.

Upacara diikuti dengan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan korban Peristiwa Situjuah. Tokoh-tokoh, termasuk Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Bupati Safaruddin, Forkopimda, dan keluarga pejuang, melakukan ziarah di Lurah Kincia dan Situjuah Banda Dalam. 

Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari dan Kapolres 50 Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf memimpin tabur bunga. Selama acara, sejumlah tokoh menerima penghargaan dari masyarakat Situjuah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka terhadap PDRI. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update