Notification

×

Iklan

Menyingkap Komitmen Bupati Safaruddin, Pembangunan dari Pinggir untuk Masa Depan Limapuluh Kota

Jumat, 26 Januari 2024 | 12:00 WIB Last Updated 2024-01-26T07:53:19Z

Menyingkap Komitmen Bupati Safaruddin,
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, bersama tokoh masyarakat Maek.

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menunjukkan tekadnya yang kuat dalam mendukung pembangunan di daerah pinggiran. 

Upayanya yang sungguh-sungguh untuk memajukan nagari-nagari terluar dan terjauh dari ibukota Kabupaten Limapuluh Kota, Sarilamak, tergambar melalui berbagai program pemerintahan yang difokuskan pada wilayah-wilayah tersebut. 

Komitmen ini tidak hanya sekadar retorika, tetapi juga tercermin pada perhatian khusus yang diberikan kepada sejumlah wilayah di kategori tersebut. 

Salah satu bukti konkrit dari komitmen Bupati Safaruddin terhadap pembangunan dari pinggiran terlihat pada peresmian gedung baru UPTD SD Negeri 09 Maek, Jorong Sopan Tanah, Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan.

Sekolah ini, yang telah berdiri selama berpuluh tahun di aliran Batang Maek, sebelumnya belum pernah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah. 

Bupati Safaruddin menjelaskan, tahun 2022, SD 09 mendapat perhatian dari Pemda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Alhamdulillah, pada tahun 2023, dengan dana sekitar Rp450 juta, gedung sekolah yang bersebelahan dengan SMP N 2 Bukit Barisan berhasil direnovasi, menghasilkan bangunan representatif dengan beberapa ruangan.

Ini diungkapkan Bupati Safaruddin saat meresmikan gedung baru UPTD SD Negeri 09 Maek, pada Kamis (25/1/2024).

Dikatakan, semua komponen pemerintahan harus mempercepat pembangunan untuk Limapuluh Kota dan berkomitmen untuk mengejar segala ketertinggalan. 

"Pembangunan sumber daya manusia menjadi prioritas utama pemerintah daerah. Oleh karena itu, fasilitas penunjang berupa gedung yang representatif menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan motivasi anak-anak dalam mengejar ilmu," tambahnya.

Selain meresmikan gedung sekolah, Bupati Safaruddin juga mengumumkan upaya pemerintah untuk melayani masyarakat secara cepat dan efisien. 

"Kami tidak hanya meresmikan gedung sekolah, tetapi juga memberikan pelayanan dokumen kependudukan dan cek kesehatan gratis bagi masyarakat Maek," ungkap Bupati Safaruddin. Bahkan, beliau menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memberikan layanan setiap hari tanpa libur kepada masyarakat.

Alisman, ketua komite UPTD SD 09 Maek, sekaligus tokoh masyarakat Nagari Maek, sangat bangga akan komitmen Bupati Limapuluh Kota dalam membangun daerah pinggiran. 

"Komitmen beliau sudah kami rasakan. Setelah berpuluh tahun berdirinya sekolah, baru kali ini mendapatkan rehabilitasi berat dari pemerintah," ujar anggota DPRD Limapuluh Kota periode 2009-2014 tersebut. 

Alisman berharap komitmen ini dapat terus ditingkatkan dan diikuti dengan program pembangunan lainnya yang langsung dirasakan oleh masyarakat di daerah pinggiran Limapuluh Kota. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update