Notification

×

Iklan

Kisah Pahlawan, Forkopimda Hadiri Peringatan Peristiwa Situjuah yang Penuh Penghargaan

Selasa, 16 Januari 2024 | 00:00 WIB Last Updated 2024-01-16T12:30:53Z

Kisah Pahlawan Situjuah,
Forkopimda saat menghadiri peringatan peristiwa Situjuah.

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Peringatan Peristiwa Situjuah ke-75 di Lapangan Khatib Sulaiman Situjuah Limo, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten 50 Kota pada Senin (15/1/2024), dihadiri oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0306/50 Kota, Mayor Inf Ridwan yang mewakili Dandim.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dalam amanatnya, mengajak peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat untuk tetap mengenang sejarah dan menghargai jasa para pahlawan, khususnya dalam peristiwa Situjuah yang merupakan bagian dari Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 1948-1949 di Sumatera Tengah.

Peristiwa penyerangan pasukan penjajah Belanda pada dini hari menjelang sholat subuh pada 15 Januari 1949, menewaskan 69 orang, termasuk prajurit, perwira, dan warga sipil. Namun, berkat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dapat diproklamirkan dan diakui oleh dunia.

Audy Joinaldy juga mengajak generasi muda untuk meneruskan darah perjuangan para pejuang yang gugur di Situjuah demi keberlanjutan NKRI. Ia menekankan bahwa penghargaan terhadap pahlawan harus diwujudkan dalam kontribusi nyata untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan.

Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Adri Asmara Yudha, melalui Pabung Mayor Inf Ridwan, juga menyampaikan bahwa peringatan Peristiwa Situjuah penting sebagai pengingat bagi masyarakat, terutama generasi muda, tentang kekompakan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. 

Ridwan mengingatkan agar sejarah tidak dilupakan dan bahwa generasi muda memahami dan menghormati perjuangan pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar memberikan penghargaan kepada Mayor Inf Ridwan dan 14 lainnya atas konsistensi dan kepedulian pada PDRI dan Peristiwa Situjuah. 

Penghargaan juga diberikan kepada beberapa tokoh seperti Danrem 032/Wbr, Rektor Universitas Negeri Padang, Direktur IPDN Sumbar, Guru Besar Hukum Pidana Universitas Andalas Padang, Guru Besar Sejarawan Universitas Andalas Padang, Pj Walikota Padang Panjang tahun 2023, Bupati dan Wakil Bupati 50 Kota tahun 2021, Kadis Kominfo 50 Kota, Camat Situjuah Limo Nagari, tokoh masyarakat Luak Limo Puluh Desra, Kapten Inf Kusmianto Danramil 04 Luak, dan Kapolsek Situjuah Limo Nagari. (*/dby)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update