Notification

×

Iklan

Kang Emil Dukung Arie Triyono, Membangun Kertajati sebagai Destinasi Pendidikan Agribisnis Inspiratif yang Mendunia

Sabtu, 13 Januari 2024 | 12:22 WIB Last Updated 2024-01-13T05:22:34Z

Arie Triyono bersama Kang Imel. | Foto istimewa

Jawa Barat, Rakyatterkini.com — Arie Triyono rintis pengembangan destinasi pariwisata inovatif di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

Awalnya dikenal atas kesuksesannya dalam agribisnis, Arie kini menjalankan proyek yang menggabungkan pertanian dengan pariwisata edukasi, dikenal sebagai Kertajati Family Farm & Education Park.

Melibatkan lahan seluas 117 hektare, area ini tidak hanya dimaksudkan sebagai tempat bagi 50.000 ekor kambing dan domba tetapi juga sedang diubah menjadi pusat pendidikan agribisnis yang inovatif. 

Visi Arie adalah menyatukan pertanian, inovasi, dan pendidikan dalam satu destinasi. "Komitmen kami tidak hanya terbatas pada produksi, tetapi juga pada pendidikan. Kami ingin peternakan kami menjadi tempat di mana pertanian bertemu dengan inovasi dan pendidikan," ungkap Arie.

Itu disampaikan saat menerima kunjungan arsitek terkenal, Ridwan Kamil, ke lokasi Kertajati Family Farm & Education Park pada Kamis, 11 Januari. Menurut Arie, visinya bukan hanya menciptakan peternakan biasa, melainkan juga memberikan ruang bagi pembelajaran dan penelitian bagi pelaku agribisnis. 

"Di Kertajati, ini akan menjadi pusat studi pengembangan, penelitian, dan kajian peternakan yang terintegrasi dengan education park," tambah Arie.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam kunjungannya ini diajak berkeliling area menggunakan All-Terrain Vehicle (ATV). Emil secara langsung meninjau danau buatan dan kandang peternakan modern. 

Emil mengungkapkan kagumnya dan menyatakan dukungannya, baik sebagai arsitek maupun tokoh publik. "Kertajati Family Farm & Education Park seharusnya tidak hanya menjadi destinasi pariwisata nasional tetapi juga dapat bersaing di tingkat internasional, berkelas dunia," tegas Emil.

Di atas lahan yang telah disiapkan, pembangunan kandang modern berkapasitas besar untuk kambing dan domba hampir selesai. Area danau buatan juga sudah siap, dikelilingi oleh jalur off-road untuk petualangan alam menggunakan ATV. Bangunan restoran juga sudah disiapkan untuk menyajikan berbagai hidangan kuliner nusantara berbahan daging.

Arie kemudian menjelaskan bahwa Kertajati Family Farm & Education Park tidak hanya mewakili peternakan biasa, melainkan merupakan inovasi dan pendidikan dalam agribisnis. 

"Dengan dukungan penuh dari tokoh-tokoh penting seperti Ridwan Kamil, kita ingin proyek ini tidak hanya berpotensi menjadi pusat edukasi, tetapi juga destinasi pariwisata dan riset agribisnis yang diakui secara internasional," pungkas Arie.

Selain di Kertajati, Arie juga telah memulai pembangunan Pusat Pelatihan Peternakan Nasional & Sertifikasi di Desa Mekarsari Ndaru, Kabupaten Tangerang, melalui PT Lembu Setia Abadi Jaya. 

"Kita ingin memulai langkah upaya mengedukasi dan meningkatkan standar peternakan di Indonesia yang pada akhirnya menuju kemandirian pangan nasional," tegas Arie. (rel)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update