Notification

×

Iklan

Provokasi di Baghdad, AS Kecam Serangan Terhadap Kedutaan dan Siap Membela Diri

Minggu, 10 Desember 2023 | 10:10 WIB Last Updated 2023-12-10T03:10:39Z

Serangan roket ke Kedutaan Besar AS di Baghdad, Irak. | Foto reuters.

RAKYATTERKINI.COM - Amerika Serikat mengutuk dengan tegas serangan yang ditujukan kepada kedutaan besarnya, di Baghdad, Irak dan fasilitas yang menampung pasukan AS pada Jumat (8/12/2023).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Matthew Miller, mendesak Irak untuk mengadili pelaku penyerangan tersebut. Miller menyoroti keberadaan milisi yang bersekutu dengan Iran di Irak, yang dianggap mengancam keamanan dan stabilitas, serta mengulang komitmen Irak untuk melindungi misi diplomatik dan personel militer AS.

Serangan dengan tujuh mortir di kompleks Kedutaan Besar AS di Baghdad dilaporkan tidak menimbulkan korban. Pasukan AS di Irak dan Suriah juga menjadi sasaran serangan roket dan drone beberapa kali pada hari yang sama.

Dalam pernyataan, juru bicara AS menyebut indikasi serangan berasal dari milisi yang mendukung Iran, dan AS menegaskan haknya untuk membela diri di mana pun.

Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia al-Sudani, mengecam para pelaku sebagai kelompok yang tidak mematuhi hukum dan tidak mewakili keinginan rakyat Irak.

Al-Sudani mengarahkan badan keamanan lokal untuk mengejar pelaku serangan tersebut. (reuters/chri)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update