Notification

×

Iklan

Eskalasi Konflik di Gaza dan Tegangnya Perairan Laut Merah

Senin, 11 Desember 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2023-12-11T04:00:00Z



Tank Israel di Gaza. | Foto: Reuters/Amir Cohen

RAKYATTERKINI.COM - Pertempuran kelompok Hamas dengan Israel, selama akhir pekan ini, terjadi di sejumlah titik di Gaza.

Sementara itu Israel juga disebut tersulut akibat milisi Houthi Yaman yang disebut menganggu pelayaran di Laut Merah.

Pada pekan ini, konflik Hamas-Israel, terjadi pertempuran terbuka antara militer Israel dengan dan Brigade Al-Qassam, milisi faksi Hamas, di sejumlah titik di Jalur Gaza, Palestina. 

Dikutip dari CNNIndonesia, Brigade Al-Qassam melaporkan pertempuran intens di sekitar kamp Jabalia di Gaza utara, yang telah menjadi pusat konflik selama beberapa hari, dengan serangan udara Israel semakin memperburuk situasi.

Invasi militer Israel terus berlanjut di sebagian besar wilayah Jalur Gaza, termasuk instruksi untuk menduduki wilayah Khan Younis. 

Sebagai kota terbesar kedua di Jalur Gaza, warga Khan Younis diminta untuk mengungsi ke daerah al-Muwasi, yang terletak dekat pantai dan memiliki fasilitas terbatas, sebagai tanggapan terhadap perang yang tengah berlangsung antara militer Israel dan kelompok Hamas di wilayah tersebut.

Israel Terlibat dalam Konflik Maritim dengan Houthi di Laut Merah

Penasihat Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi, menyatakan kesiapannya untuk melawan kelompok pemberontak Houthi Yaman yang disebut mengganggu pelayaran di Laut Merah

Hanegbi mengungkapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berkomunikasi dengan Presiden AS Joe Biden dan pemimpin Eropa terkait tindakan Houthi yang menargetkan kapal dagang yang diduga terkait dengan Israel. 

Hanegbi menekankan bahwa Israel memberi waktu kepada dunia untuk mengatasi situasi ini secara global, tetapi mengancam tindakan untuk menghilangkan pengepungan laut jika tidak ada kesepakatan internasional yang dicapai. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update