Notification

×

Iklan

AS Kumpulkan Data Intelijen Militer Israel, Potensi Pelanggaran Hukum dalam Agresi di Jalur Gaza Terungkap

Jumat, 15 Desember 2023 | 21:52 WIB Last Updated 2023-12-15T14:52:09Z

Tentara Israel.

RAKYATTERKINI.COM - Media Amerika Serikat melaporkan bahwa pemerintah AS saat ini sedang mengumpulkan data intelijen militer Israel terkait agresi di Jalur Gaza. 

Dua sumber yang mengetahui hal ini menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri AS secara khusus mencari informasi mengenai potensi pelanggaran hukum yang mungkin dilakukan oleh Israel, menggunakan sistem Panduan Respons Insiden Bahaya Sipil.

Pernyataan Presiden AS Joe Biden sebelumnya mencuatkan laporan ini, menyebut bahwa Israel tanpa pandang bulu membombardir Jalur Gaza. 

Biden merujuk pada informasi dari komunitas intelijen, meskipun belum ada konfirmasi langsung dari Gedung Putih atau Pentagon terkait pernyataan tersebut.

Beberapa staf Biden juga dilaporkan telah berbagi laporan intelijen ini dengan anggota Kongres AS, seperti yang dilaporkan oleh Sputnik. 

Intelijen AS baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa separuh bom Israel dijatuhkan secara asal-asalan ke Gaza, sekitar 40-45% dari 29 ribu amunisi yang diluncurkan. 

Bom tak terarah tersebut dapat menimbulkan ancaman lebih besar bagi warga sipil, terutama di daerah padat penduduk. 

Pejabat AS mencatat bahwa militer Israel menggunakan bom tak terarah bersamaan dengan taktik pengeboman selam atau menjatuhkan bom sembari menukik tajam ke dalam jet tempur. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update