Notification

×

Iklan

9 Warga Langkat Ditangkap Saat Mencuri Sawit di Kebun Tanjung Garbus

Selasa, 02 Mei 2023 | 06:34 WIB Last Updated 2023-05-01T23:35:04Z

Para pelaku yang berhasil diamankan. 

Deli Serdang, Rakyatterkini.com - Petugas keamanan PTPN2 Kebun Tanjung Garbus-Pagar Merbau (TGP) Kabupaten Deli Serdang, mengamankan 9 warga asal Kabupaten Langkat, Senin (1/5/23) subuh.
 
Mereka ditangkap karena kedapatan mencuri Tandan Buah Segar (TBS) janjangan kelapa sawit milik kebun pemerintah tersebut menggunakan truk Toyota Dyna BK 8081 PI.
 
Selain mengamankan pelaku yang dikomandoi Hendra Surbakti, petugas juga mengamankan satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport hitam BK 1611 PG.  
 
Akibat kejadian, PTPN2 mengalami kerugian mencapai Rp 17 juta. Untuk kepentingan penyidikan truk Toyota Dyna muatan 6,5 ton sawit berikut mobil Mitsubishi Pajero Sport serta kesembilan orang yang diduga pelaku pencurian.
 
Informasi diperoleh menyebutkan, penangkapan terhadao Hendra Surbakti bersama 8 anak buahnya bermula saat security Afdeling I dan II Kebun TGP yang berlokasi di Desa Perbarakan Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang berhasil memergoki aksi pelaku yang sedang memuat sawit ke truk Toyota Dyna.
 
Selanjutnya petugas security melapor ke posko. Tanpa buang waktu, security dibantu personil BKO dari TNI AD, karyawan kebun melakukan pengejaran. 
 
Sembilan pelaku berhasil ditangkap sedangkan 3 orang lagi lolos dari kejaran salah seorang berinisial Yo. 
 
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya 9 pelaku berikut mobil truk Dyna muatan sawit dan mobil Mitsubishi Pajero Sport hitam diangkut ke Polresta Deli Serdang
 
Manager Kebun TGP, H Manurung ketika dikonfirmasi di Polresta Deli Serdang membenarkan 9 pelaku pencuri sawit yang seluruhnya warga Kabupaten Langkat telah diserahkan ke Polresta Deli Serdang.
 
Dijelaskannya, para pelaku memuat TBS sawit ke truk dengan cara memikul. Dia pun menduga ada keterlibatan 'orang dalam' dan oknum yang dicurigainya itu akan segera 'dibersihkan'. 

Ditanya kerugian yang dialami PTPN2, Manurung menjelaskan harga sawit saat ini Rp2.600 per kilogram, sedangkan sawit yang dicuri itu berkisar 6 hingga 6,5 ton dengan kerugian berkisar Rp17 juta.
 
"Para pelaku diduga pemain 'geng' besar. Truk Dyna yang mengangkut sawit curian dan Mitsubishi Pajero Sport hitam diduga milik pelaku Hendra Surbakti," sebut H Manurung.
 
Terpisah Humas PTPN2 Rahmat Kurniawan mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengamanan asset secara optimal.
 
Rahmat juga mengimbau kepada aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti kasus pencurian sawit ini hingga tuntas, sekaligus mengusut otak pelakunya. (dil)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update