Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Libatkan Siswa ABK, Festival Pamalayu Terbuka untuk Semua Potensi Bakat

Senin, 22 Agustus 2022 | 06:07 WIB Last Updated 2022-12-01T23:11:11Z

Pelajar SMA ikut Festival Pamalayu.

Dharmasraya, Rakyatterkini.com – Ada hal yang menarik dari Festival Pamalayu diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Dalam fesitval budaya yang merupakan bagian dari Kenduri Swarnabhumi tersebut tampak keterlibatan beberapa anak berkebutuhan khusus (ABK) menampilkan bakat dirinya. 

Salah satu di antaranya bernama M Yahya Jhonasn. Yahya adalah murid Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pulau Punjung yang memiliki keterbatasan mendengar dan berbicara. Biasanya jika ingin menyampaikan suatu keinginan, Yahya menggunakan gestur tubuhnya.

Kendati demikian, dalam stand khusus artefak kuno yang disiapkan panitia, Yahya mampu menunjukkan bakatnya melukis. Yahya dan beberapa ABK lainnya diundang istimewa untuk mengikuti perhelatan Festival Pamalayu.

Banyak karya lukisan telah dihasilkan Yahya meski seorang siswa ABK. Karya lukisan Yahya dapat ditelusuri di sekolah maupun rumahnya di Silago.

Yahya dapat disebut ABK yang menginspirasi dan memberikan motivasi. Bayangkan saja, dengan keterbatasan fisiknya ternyata Yahya adalah siswa perantau yang jarak rumahnya ke sekolah sepanjang 48 kilometer.

Bukan itu saja, Yahya pun selama perantauan sudah menjalani hidup mandiri selama 11 tahun lamanya dan tinggal di Rusunawa Pulau Punjung.

Yahya ingin menunjukkan kepada masyarakat, terutama sesama ABK sepertinya, bahwa keterbatasan fisik bukanlah hambatan untuk memiliki keterampiilan diri. Justru Yahya makin piawai dalam bakat melukis selama bersekolah di SLB Negeri 1 Pulau Punjung di bawah bimbingan Eri Cahyabudi, seorang Sarjana Pendidikan Seni Rupa. 

Yahya dan rekannya sesama siswa ABK lainnya membuat tertegun kalangan masyarakat yang menghadiri Festival Pamalayu. Karya lukisan Candi Borobudur dan pemandangan alam dihasilkan Yahya dari kelincahan tangannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, mengatakan, ajang Festival Pamalayu dilaksanakan memang melibatkan seluruh kalangan masyarakat tanpa terkecuali, mengoptimalkan potensi dan keunggulan yang ada.

“Salah satunya seperti ikut sertanya siswa ABK yang menunjukkan keterampilan, bakatnya, dalam melukis cagar budaya secara bagus yang tidak semua orang dapat melakukannya. Ini menjadi motivasi bahwa keterbatasan itu bukan hambatan, justru dapat dioptimalkan,” ucap Adlisman, Minggu (21/8/2022). (rona)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update