Notification

×

Iklan

Bupati Sutan Riska Beri Catatan pada Kepala OPD

Senin, 05 September 2022 | 18:08 WIB Last Updated 2022-12-01T11:12:09Z

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, usai pimpin apel gabungan.

Dharmasraya, Rakyatterkini.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bertindak selaku pembina Apel Gabungan, Senin, (5/9/2022). 

Apel dihadiri Sekda, Adlisman, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas, kepala Baznas dan ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya.

Dalam kesempatan itu Sutan Riska mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sekda beserta jajaran dan panitia, karena telah sukses melaksanakan dua event besar pada bulan Agustus lalu. Yakni memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 serta Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi.

Sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, produk UMK dan Koperasi  Mari sukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. 

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu juga menghimbau kepada seluruh OPD agar wajib mengalokasikan dan menggunakan produk dalam negeri.

Dalam rangka Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) paling sedikit 40 persen dari nilai anggaran dalam belanja barang atau jasa yang dikelola untuk penggunaan produk usaha kecil dan atau koperasi. 

Sedangkan Capaian Pendapatan Asli daerah (PAD) keadaan 31 Agustus 2022 terealisasi 67,77 persen. Dari 11 objek pajak semua terealisasi diatas 70 persen dan ada yang telah mencapai 105,7 persen. Yaitu pajak hotel kecuali pajak sarang burung walet, galian c, BPHTB dan PBB. 

Sedangkan realisasi anggaran belanja daerah keadaan 31 Agustus 2022 adalah 51,38 persen. Realisasi belanja daerah ini masih tergolong rendah. 

Padahal bulan September ini kita sudah memasuki akhir triwulan ketiga, dalam penyelenggaraan pemerintahan yang seharusnya target belanja daerah kita sudah lebih dari 60 persen. 

Kemudian capaian realisasi fisik posisi keadaan Juli 2022 baru 56,81 persen (deviasi minus 17,29 persen). (rona)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update