Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

KPU Sergai Sosialisasikan Tahapan Pemilu Serentak 2024, Peran Jurnalis Sangat Penting

Senin, 14 November 2022 | 11:30 WIB Last Updated 2022-11-14T04:30:48Z

Peran Jurnalis Sangat Penting
Komisioner KPU Sergai, Ardiansah Hasibuan saat menyampaikan materi dalam sosialisasi tahapan Pemilu Serentak 2024.

Sergai, Rakyatterkini.com - Mendorong minat dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum serentak 2024, KPU Serdang Bedagai sosialisasikan tahapan pemilu bersama rartawan, Minggu (13/11/2022) sore.

Sosialisasi dengan tema “Jurnalis Kawal Pemilu” ini diikuti sekitar 50 wartawan, baik dari media cetak, online, maupun media elektronik.

Komisioner KPU Sergai, Ardiansah Hasibuan menyampaikan materi terkait tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, tahapan dan jadwal pemilihan presiden dan wakil presiden, serta jadwal pembentukan badan adhoc, serta syarat-syarat menjadi badan adhoc KPU seperti, PPK, PPS dan KPPS.

Usai penyampaian tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu, dilanjutkan sosialisasi sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (SIAKBA) yang merupakan seperangkat sistem teknologi informasi yang berbasis Web.

Sistem ini, dalam rangka memfasilitasi tahapan seleksi anggota KPU Provinsi, Kabupaten/Kota dan badan adhoc seperti, PPK, PPS, PPLN dan KPPS. Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota KPU provinsi, kabupaten/kota, dan badan adhoc. Serta pengelolaan data dan dokumen administrasi berkelanjutan.

Dalam sosialisasi tersebut, juga dilakukan tata cara pendaftaran menggunakan SIAKBA.

Kegiatan diakhiri sesi diskusi dan tanya jawab antara Komisioner KPU dan Jaksa, seputar adanya isu-isu di Aplikasi Sipol yang dianggap belum akurat, dan anjuran dari pemerintah daerah kepada ASN/Honor yang berdomisili di luar Sergai.

Sebelumnya, dihadapan wartawan. Faisal Andry Simanungkalit, Jaksa yang bertugas di Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai, menyampaikan materi dengan topik “Isu Strategis, Potensi Permasalahan dan Strategi Pencegahan Permasalahan Hukum dalam Tahapan Pemilu 2024.

Faisal menjabarkan isu-isu strategis dan potensi-potensi permasalahan hukum yang timbul dalam penyelenggaraan pelaksanaan Pemilu, mulai dari tahapan perencanaan, anggaran, peraturan pelaksanaan hingga penyelengaraan Pemilu.

Kemudian, tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar Pemilu, hingga tahapan penetapan hasil Pemilu dan pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden, serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Andry juga menjelaskan beberapa potensi masalah yang bakal timbul dalam pelaksanaan pemilu nanti, baik pada Pileg, Pilkada dan Pilpres. (hrp)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update