Notification

×

Iklan

Indonesia Berduka, Ketua Dewan Pers Meninggal

Minggu, 18 September 2022 | 15:26 WIB Last Updated 2022-09-18T08:27:59Z

Almarhum Prof. Azyumardi Azra. (ist)


Jakarta, Rakyatterkini.com - Innalillahi wainnailaihi rajiun. Dunia pers Indonesia berduka. Salah satu putra terbaik bangsa dan urang awak, Prof Azyumardi Azra berpulang ke rahmatullah. 


Putra Lubuk Alung itu, meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia, Minggu 18 September 2022.


Kabar meninggal mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, dibenarkan oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu. Dia mengatakan saat ini pihak kedutaan tengah mengurus jenazah Azyumardi Azra.


"Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan," kata Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu, Minggu (18/9/2022), seperti dikutip dari detikcom.


Putra Minang, asal Lubuk Alung itu, terpilih sebagai Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 menggantikan Mohammad Nuh. Azyumardi Azra, dikenal luas sebagai cendekiawan muslim.


Beliau akrab disapa dengan panggilan Prof Azra meninggal pada usia 67 tahun. Dia lahir pada 4 Maret 1955 di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatra Barat.


Dilansir detikEdu, pada 2010, Azyumardi Azra memperoleh titel Commander of the Order of British Empire (CBE). Titel ini merupakan sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia.


Gelar CBE diberikan Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka. Dengan gelar ini, Azyumardi Azra dianggap telah diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris.


Azyumardi Azra juga diketahui merupakan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 1998 sampai 2006. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update