Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H, Pemko Solok Gelar Tabliq Akbar

Jumat, 29 Juli 2022 | 16:52 WIB Last Updated 2022-07-30T07:02:03Z

Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar pada Tabliq Akbar.


Kota Solok, Rakyatterkini.com - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Pemko Solok menggelar Tabliq Akbar, di Masjid Agung Al Muhsinin, Kota Solok, Jumat  29 Juli 2022.


Momentum peringatan tahun baru Islam tersebut, diikuti Walikota, H. Zul Elfian Umar, Wakil Walikota Solok, H. Ramadhani Kirana Putra, Sekretaris Daerah Kota, Syaiful A, sejumlah asisten, staf ahli walikota, para kepala OPD, camat, lurah serta undangan lainnya. Penceramah pada kesempatan itu, Ketua MUI Sumatera Barat, Buya Gusrizal Gazahar.


Mengawali sambutannya, Walikota Solok, Zul Elfian Umar  mengatakan, momentum pergantian tahun baru hijriah menjadi refleksi untuk bermuhasabah.


"Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah sebagai tonggak penanggalan kalender hijriah membawa pesan, bahwa perubahan sebagai keniscayaan dalam kehidupan. Allah tidak akan mengubah nasib satu kaum, kecuali mereka sendiri yang mengubahnya,” tutur Zul Elfian.


Kata Wako Zul Elfian,  dimaknai sebagai upaya perbaikan yang  menggambarkan tentang gerak hidup setiap hamba yang dinamis laksana air yang mengalir. Perubahan yang mengarah kepada kebaikan mesti dipahami sebagai orientasi menuju peradaban qurani. Berikhtiar tiada henti untuk menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.


Selain itu, hikmah dari peristiwa hijrah pada masa Rasulullah SAW,  dikaitkan dengan situasi  saat ini, adalah meninggalkan suatu perbuatan, menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak baik. Semangat perubahan dan optimisme menjadi motivasi, agar senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan. 


"Istiqomah dalam beramar ma’ruf nahi munkar," terangnya. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update