Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bumikan Alquran di Pessel, Gubernur Sumbar Buka MTQN ke-40

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:04 WIB Last Updated 2022-07-19T03:04:33Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, pukul gong tanda dimulainya MTQ ke-40 Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan, Rakyatterkini.com  -  Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Senin (18/7/2022).


Mahyeldi menyambut baik diselenggarakannya MTQ dalam rangka menghadirkan Alquran di tengah-tengah kehidupan masyarakat, sebagai refleksi falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).


"MTQ mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak bangsa yang sekarang ini masalah tersebut sudah tergerus. Oleh sebab itu MTQ merupakan upaya kita dalam mengokohkan nilai-nilai akhlak tersebut," ungkap gubernur. 


Gubernur juga mengajak para niniak mamak, cadiak pandai dan para pemuda untuk menjaga kekompakkan serta semangat persatuan dan kesatuan. 


Dalam rangka untuk memotivasi para qori dan qoriah yang akan mengikuti lomba di tingkat nasional, gubernur menjanjikan akan memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta kepada kecamatan terbaik dalam menampilkan hafalan Qur'annya.


Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengatakan MTQN ke-40 Pesisir Selatan ini bukan sekadar kegiatan seremonial belaka, namun lebih kepada menumbuhkan semangat dan generasi cinta Alquran.


"Dengan semangat cinta Alquran saya harap dapat terwujudnya generasi cinta Qur'an serta kehidupan beragama dan berbudaya yang sesuai dengan falsafah Minangkabau yaitu ABS-SBK," ujarnya. 


Rusma juga berharap, semangat cinta Alquran diharapkan semakin membumikan Syiar agama Islam di Pesisir Selatan, karena merupakan sumber inspirasi sekaligus ilmu pengetahuan yang tak pernah habis digali. 


Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah berharap ajang perhelatan MTQ bukan hanya sekadar perlombaan yang  mendengungkan ayat-ayat Alquran semata, namun nilai nilai yang harus dipahami dan diamalkan, sehingga akan melahirkan generasi yang berakhlaqul karimah.  


MTQN ke-40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, diikuti 684 peserta dari seluruh kecamatan dan akan mengikuti 13 cabang yang dilombakan. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update