Notification

×

Iklan

Bupati Lepas 158 JCH Kabupaten Dharmasraya

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:04 WIB Last Updated 2022-06-08T07:35:01Z

Bupati Sutan Riska lepas 158 JCH Kabupaten Dharmasraya.
 

Dharmasraya, Rakyatterkini.com - Sebanyak 158 jemaah calon haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya, dilepas Bupati, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Mekah. 


Acara pelepasan ini dilaksanakan di Masjid Babussalam, Selasa, (7/6/22), yang dihadiri Unsur Forkopimda, Sekdakab, Adlisman, Kakan Kemenag Dharmasraya, Okto Verisman dan undangan lainnya.


Jumlah jemaah calon haji  asal Kabupaten Dharmasraya pada tahun ini, sebanyak 159 orang. Namun, 1 orang batal berangkat lantaran sakit. Keberangkatan JCH asal Dharmasraya terdiri dari dua gelombang, pada gelombang pertama berangkat pada hari ini dari Dharmasraya sebanyak 150 orang dan gelombang kedua pada tanggal 1 Juli 2022 sebanyak 8 orang. 


Kata bupati, perjalanan haji pada hakekatnya merupakan perjalanan suci yang semua rangkaian kegiatannya adalah merupakan ibadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah JCH asal kabupaten ini yang akan berangkat untuk dapat bersyukur, karena diberikan kemampuan dan kesempatan untuk beribadah di tanah suci.


“Kita semua mengetahui, bahwa banyak diantara saudara kita yang mungkin punya kemampuan, baik secara fisik maupun ekonomi untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, belum diberikan kesempatan oleh Allah, ataupun yang punya kesempatan untuk pergi, namun belum memiliki kemampuan dari segi ekonomi maupun fisik. Tapi, ada juga orang yang secara financial termasuk orang yang sederhana dan biasa-biasa saja, bisa untuk melaksanakan ibadah haji. Untuk itu, bagi yang memiliki kesempatan tahun ini merupakan orang-orang pilihan dari sekian ribu jemaah calon haji yang ada,” jelas bupati yang juga Ketua Apkasi Indonesia itu.


Ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima merupakan ibadah puncak yang melambangkan keteguhan iman dan penyerahan diri secara total kepada Allah.  Dalam firman Allah secara khusus menegaskan bahwa balasan bagi orang melaksanakan ibadah haji dan mendapatkan haji mabrur tak lain adalah sorga sebagai tempat abadi di akhirat nanti. 


Bupati juga berpesan, agar mulai saat ini untuk dapat memasangkan niat melaksanakan haji karena Allah semata. Untuk memenuhi panggilanNya, agar dapat mendekatkan diri kepada Allah. Dan mengharapkan ridhaNya.


Berdasarkan data dari Kantor Kemenag Dharmasraya, jemaah termuda asal Kabupaten Dharmasraya bernama Meylan Zhara Astira berumur 20 tahun yang berasal dari Kecamatan Sitiung. Sedangkan JCH tertua adalah Diti Umayah Abu Dardak, berumur 65 tahun yang berasal dari Kecamatan Sungai Rumbai. (Rona)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update