Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Temukan Sapi Terpapar PMK, Pasar Hewan di Wonogiri Tutup 2 Minggu

Senin, 23 Mei 2022 | 19:19 WIB Last Updated 2022-05-23T13:47:12Z

Pengecekan sapi di Pasar Hewan Pracimantoro.
 

Wonogiri, Rakyatterkini.com - Tenaga teknis kesehatan hewan Kabupaten Wonogiri bersama tim gabungan menemukan 13 sapi di pasar hewan Pracimantoro, Wonogiri, bergejala penyakit mulut dan kuku (PMK). 


Berkaitan temuan itu, seluruh pasar hewan di Wonogiri ditutup selama dua Minggu. Berdasarkan hasil penelusuran, belasan sapi yang terjangkit PMK tersebut, berasal dari luar daerah. Sapi itu dibawa pedagang dari Kabupaten Magetan, Kecamatan Donorojo Pacitan dan Kabupaten Boyolali.


Rinciannya, pedagang dari Boyolali membawa 22 ekor sapi. Delapan ekor di antaranya terkena PMK. Sedangkan pedagang dari Magetan membawa delapan ekor sapi dan empat diantaranya terpapar PMK. Sementara itu, pedagang dari Donorojo membawa satu ekor sapi yang terdeteksi terpapar PMK.


Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas, Aiptu Iwan Sumarsono menyatakan, tim gabungan melakukan pengecekan sapi-sapi di Pasar Hewan Pracimantoro, Wonogiri


Tindakan itu, dilakukan dalam upaya mengantisipasi penyebaran PMK. Utamanya melalui pasar hewan, mengingat sapi yang dipasarkan juga datang dari luar Kabupaten Wonogiri. 


"Pemeriksaan itu dilakukan oleh tim dari Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri. Belasan sapi itu ditemukan ciri-ciri PMK," kata Iwan, Senin (23/5/2022). 


Setelah ada temuan itu, kata dia, belasan sapi yang terjangkit PMK dipisahkan dari ternak lain di Pasar Hewan Pracimantoro.


Selain itu, petugas melakukan pendataan dan memberi pemahaman terhadap para pedagang dari luar wilayah Wonogiri, untuk memperhatikan kondisi kesehatan sapi yang akan dipasarkan. 


Yaitu harus memenuhi kriteria sehat dengan dilengkapi dokumen surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari pihak berwenang. 


Penutupan seluruh pasar hewan di Wonogiri merupakan langkah yang diambil pemerintah daerah untuk melakukan antisipasi merebaknya PMK di Wonogiri.(Sar



IKLAN



×
Berita Terbaru Update