Notification

×

Iklan

Kondisi Jembatan Nagur di Sergai Kian Memprihatinkan

Jumat, 27 Mei 2022 | 17:46 WIB Last Updated 2022-05-27T23:21:42Z

Beginilah kondisi Jembatan Nagur di Sergai.
 

Sergai, Rakyatterkini.com - Sungguh memprihatinkan benar jembatan di atas Sungai Bedagai, yang terletak di antara Dusun IX Desa Pekan dengan Dusun I Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 


Jembatan tersebut umumnya disebut orang dengan nama Jembatan Nagur. Namun, kini jembatan Nagur yang termasuk jembatan tertinggi dan terpanjang yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, yang mana hampir setiap harinya dilalui oleh ribuan pengguna jalan menggunakan sepeda motor,  mobil dan truk pengangkut barang berukuran besar dan kecil, riwayatmu itu.


Jembatan Nagur ini juga adalah merupakan akses utama penghubung menuju Desa Mangga Dua, Desa Sukajadi, Desa Pematang Kuala dan Desa Bagan Kuala. Bahkan, jembatan Nagur juga bisa menuju Kecamatan Teluk Mengkudu dan Kecamatan Pantai Cermin.


Dari pantauan di lokasi, tampak pagar dinding jembatan sisi kiri dan kanan sudah patah. Meski begitu, oleh warga setempat pagar jembatan yang patah diikat menggunakan bambu. Sehingga, sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas dan dapat sekali mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke sungai.


Sementara, aspal jembatannya terlihat kupak-kapik dan tampak menonjol besi cor yang telah timbul dan tajam, akibat aspal yang sudah terkupas, sehingga dapat mengancam keselamatan warga pengguna jalan.


Selain itu, tidak jarang warga dan pengendara tergelincir dan jatuh jika ingin berselisih pada tanjakan,  pada sisi kiri dan kanan tanjakan jembatan itu dari awal tidak ada terpasang pagar pengaman.


Ismail (63), salah satu warga Dusun IX Desa Pekan Tanjung Beringin, yang tinggal dekat dengan jembatan tersebut kepada wartawan, Jumat (27/5/2022) mengatakan, di jembatan ini rawan terjadi kecelakaan lantaran dimana pengendara yang sedang dari arah Desa Nagur sesampainya di turunan jembatan, sering berpapasan dengan pengendara sepeda motor yang sedang naik dari Gang Butet membuat kecelakaan tak terelakkan.


"Begitu juga sebaliknya, pengendara yang dari arah Desa Pekan menuju Desa Nagur sering terjadi kecelakaan di turunan jembatan, karena sering berpapasan dengan pengendara yang dari Gang Kampung Baru Dusun 1 Desa Nagur," ucap Mail.


Masih kata Mail, lancarnya lalulintas di Jembatan Nagur ini, salah satunya adalah peran dari jasa pengatur jalan, yang sering peduli kepada pengguna jalan dengan mengatur kendaraan mobil juga truk yang ingin menaiki jembatan dengan memberi arahan. 


Informasi menyebutkan Jembatan Nagur ini pernah direnovasi sekitar tahun 2002,  saat itu Kabupaten Serdang Bedagai masih wilayah Kabupaten Deli Serdang.


Oleh karena itu, masyarakat Tanjung Beringin sangat berharap kepada pemerintah dan pihak dinas terkait, agar dapat memperhatikan dan memperbaiki jembatan Nagur ini. Guna menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan serta bisa memakan korban jiwa. (hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update