Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Di Kota Payakumbuh, 100 Persen Sekolah Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 13 Mei 2022 | 09:26 WIB Last Updated 2022-06-29T02:29:21Z

Upacara peringati Hari Pendidikan Nasional.

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Upacara bendera memperingati hari pendidikan nasional tahun 2022 berlangsung khidmat di halaman kantor wali kota, Jumat (13/5/2022).


Bertindak sebagai Pembina Upacara Wali Kota Riza Falepi yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda, dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda, serta diikuti oleh insan pendidikan se Kota Payakumbuh. 


Tampak, Kabid PTK Disdik Danil Defo bertindak sebagai Pemimpin Upacara bendera yang diikuti oleh ASN, guru, serta siswa sekolah dengan berbagai kostum baju adat daerah itu, lalu juga ada arak-arakan keliling kota.


Sekretaris Daerah Rida Ananda menyampaikan senada dengan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang menyatakan selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, mungkin tidak pernah membayangkan bahwa semua pihak dapat mengatasinya.


Rida juga menambahkan kalau Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.


Ditambahkan Sekda Rida, kalau semangat yang sama juga sudah didengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan bangsa ini untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. 


Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan. Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20," jelasnya.


Sementara itu, Kadis Pendidikan Dasril saat diwawancara usai upacara bendera mengatakan menyambut Kurikulum Merdeka ini, Kota Payakumbuh bergerak, di masa pandemi memang aktifitas terbatas, tapi itu yang membuat pembelajaran menarik. (rdo)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update