Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Volume Sampah Meningkat di Payakumbuh, Kesadaran Masyarakat Rendah

Jumat, 22 April 2022 | 22:03 WIB Last Updated 2022-04-23T00:21:13Z

Petugas sampah sedang memilah sampah.
 

Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Volume sampah di Kota Payakumbuh meningkat. Peningkatan mencapai 10 ton perhari selama bulan Ramadhan ini. Ini menunjukkan fenomena tingkat kesadaran masyarakat masih rendah.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Devitra mengatakan, jika pada hari biasa volume sampah hanya 80 ton, namun pada bulan Ramadhan ini justru naik mencapai 90 ton per harinya.


"Peningkatan tersebut didominasi oleh sampah yang berasal dari pasar," katanya kepada Rakyatterkini.com, Jumat (22/4/2022).


Kenaikan Volume sampah di Kota Payakumbuh selalu terjadi tiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan. Selain karena aktivitas di pasar yang meningkat, transaksi jual beli pedagang pun semakin membaik tahun 2022 ini, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


"Kebanyakan sampah adalah makanan yang tidak habis, kemasan makanan serta bahan-bahan bekas pembuatan makanan di rumah tangga. Sementara dari pusat perbelanjaan berupa plastik dan pembungkus makanan lainnya," sebutnya.


Dari sampah-sampah itu, kesadaran masyarakat atau dunia usaha untuk melakukan pemilahan masih rendah. Ditambahkan, peningkatan sampah di rumah tangga, pasar maupun dunia usaha terjadi lantaran konsumsi berbagai kebutuhan masyarakat, termasuk makanan meningkat dari hari sebelum Ramadhan, baik makan di tempat saat berbuka maupun untuk di bawa pulang.


”Masyarakat terus kita ajak dan ingatkan untuk melakukan pemilahan (mengelola-red) sampah sebelum dibuang. Sebab, sisa sampah di rumah tangga berupa sisa makanan memiliki potensi untuk dijadikan kompos atau pakan ternak," tutup Mantan Kasat Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh itu. (rdo)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update