Notification

×

Iklan

Pemkab Dharmasraya Shalat Id di Halaman Kantor Bupati, Patuhi Prokes

Sabtu, 30 April 2022 | 20:43 WIB Last Updated 2022-04-30T13:44:39Z

Bupati Sutan Riska.
 

​​​​​Dharmasraya, Rakyatterkini.com - Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Dharmasraya, bakal dipusatkan di halaman kantor bupati setempat, dengan kapasitas mencapai ribuan orang. 


Pelaksanaanya itu merujuk Surat Edaran (SE) Kemenag RI Nomor 8 Tahun 2022, dimana Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan. 


Untuk jadwal shalat menunggu hasil penetapan dari Kemenag RI. Namun begitu, untuk sementara Pemkab Dharmasraya tetap berasumsi dilaksanakan Senin (2/5/2022). Jika ada perubahan jadwal, maka disesuaikan kemudian.


Pemkab Dharmasraya juga menyiapkan Masjid Agung Babussalam, Pulau Punjung sebagai antisipasi apabila halaman kantor bupati tidak dapat digunakan, lantaran suatu hal lainnya.


"Misalnya, jika nanti cuaca tidak memungkinkan dan hujan turun, Shalat Idul Fitri akan dipindahkan ke masjid terdekat, sebagai alternatif mungkin ke Masjid Babussalam. Namun, hal ini masih kondisional. Kita tetap berharap cuaca bersahabat dan tidak ada kendala lainnya," kata Kepala Bagian Sekretariat Daerah Dharmasraya, Sarbaini Chan, Sabtu (30/4/2022).


Bertindak sebagai khatib Shalat Idul Fitri atas nama Dr Jhon Afrizal One MA dari Kanwil Sumbar. Sedangkan Imam Shalat Idul Fitri Dolizal Putra M.Ag. Dolizal juga merupakan Imam Masjid Agung Dharmasraya. 


"Sebagai imam dan khatib cadangan memang belum ditentukan, namun jika yang bersangkutan di atas berhalangan hadir, mungkin nanti diganti dengan Kepala Kemenag Dharmasraya atau mantan kepala kemenag, Ketua MUI juga bisa," katanya. 


Direncakan saat pelaksanaan Shalat Id akan hadir Bupati Sutan Riska Tuanku Keraja, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, Dandim Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Kajari, Sekdakab Dharmasraya Adlisman, staf ahli, para asisten, kepala OPD, camat, dan tokoh masyarakat. 


"Perlengkapan seperti mimbar hingga pengeras suara bakal dipasang dalam waktu dekat, sedangkan untuk pemasangan tikar bakal dilakukan sebelum pelaksanaan shalat," tuturnya. (Rona)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update