Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Mudik ke Wonogiri, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilewati

Minggu, 24 April 2022 | 22:07 WIB Last Updated 2022-04-25T02:07:34Z

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto didampingi Kasat lantas AKP Marwanto cek jalur alternatif pemudik.
 

Wonogiri, Rakyatterkini.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Jawa Tengah, memetakan jalur alternatif bagi para pemudik di sejumlah wilayah. Jalur alternatif mudik itu disediakan agar saat terjadi kemacetan di sejumlah titik bisa digunakan.


"Jalan alternatif atau rekayasa yang dibuat itu bersifat situasional. Bisa dipakai kalau di sejumlah titik itu terjadi kemacetan atau kepadatan kendaraan," kata Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, Jumat (22/4/2022).


Menurutnya, jalur alternatif itu dipetakan berdasarkan wilayah yang sering terjadi kemacetan saat momen Lebaran. Dishub memetakan jalur alternatif di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Jatisrono, Slogohimo, Purwantoro, Pracimantoro dan Baturetno.


"Biasanya sering terjadi macet itu H-1 lebaran. Karena ada pasar tumpah atau tradisi prepegan jelang lebaran. Kemudian, biasanya kalau lebaran itu jalan dan area objek wisata waduk Gajah Mungkur. Tapi, sekarang kan sudah ada lahan parkir baru yang luas, sehingga bisa mengurangi kemacetan di sana," kata Waluyo.


Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Wonogiri, Haryanto, menjelaskan tempat parkir baru di objek wisata waduk Gajah Mungkur seluas 1,5 hektare.


"Bisa menampung sekitar 200 mobil dan 500 sepeda motor," kata Haryanto.


Berikut ini tujuh jalur alternatif bagi pemudik saat berkendara di wilayah Wonogiri:


1. Kecamatan Wonogiri Kota


Dari arah Solo bisa melintas Jalan Brigjen Katamso (tidak lewat kawasan kota atau Jalan RM. Said). Jalan ini tembus di kawasan Kantor Pertanahan Wonogiri atau utara Alun-Alun Wonogiri (Jalan Pemuda I).


Dari arah Solo atau Kelurahan Giriwono (Jalan Jendral Ahmad Yani) bisa belok ke kiri saat sampai di pertigaan Alas Ketu melalui Jalan Gunung Giri. Jalan ini tembus di kawasan Kantor Pertanahan Wonogiri atau utara Alun-Alun Wonogiri (Jalan Pemuda I).


Dari arah Solo, saat tiba di depan Terminal Giri Adipura Wonogiri bisa langsung masuk Jalan Lingkar Kota (JLK). Jalan iki akan tembus di Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro, tepatnya di utara Mapolres Wonogiri.


2. Kecamatan Ngadirojo


Dari Wonogiri ke Ponorogo atau Pacitan, bisa masuk dari barat Pasar Ngadirojo dan keluar di sebelah timur Pasar Ngadirojo


Dari Ponorogo ke Kota Wonogiri, bisa masuk dari simpang empat gudang kapuk kemudian keluar di jalan sebelah barat Bakso Titoti atau timur Makam Brubuh


Dari Pacitan ke Kota Wonogiri, bisa masuk dari jalan sebelah selatan Masjid Ngadirojo kemudian keluar di jalan sebelah barat Bakso Titoti atau timur Makam Brubuh


3. Kecamatan Jatisrono


Dari Wonogiri ke Ponorogo, bisa masuk dari simpang tiga Pegadaian Jatisrono. Kemudian keluar dari simpang tiga makam pahlawan


Dari Ponorogo ke Wonogiri, masuk dari simpang tiga pasar lawas, kemudian keluar dari Simpang Tiga Asem Legi.


4. Kecamatan Slogohimo


Dari Wonogiri ke Ponorogo, bisa masuk dari simpang empat sebelum SDN 1 Slogohimo, kemudian keluar dari simpang tiga RS Amal Sehat Slogohimo.


5. Kecamatan Purwantoro


Dari Ponorogo ke Wonogiri, bisa masuk dari simpang tiga sebelah timur Pasar Purwantoro, kemudian keluar dari simpang tiga Lapangan Purwantoro.


6. Kecamatan Pracimantoro


Dari Wonogiri ke Pacitan, bisa masuk dari simpang tiga Puskesmas Pracimantoro dan keluar dari simpang empat sebelah timur Pasar Pracimantoro.


Dari Pacitan ke Baran Gunung Kidul, bisa masuk dari simpang tiga setelah SPBU Pracimantoro dan keluar dari simpang empat sebelah selatan simpang empat Pracimantoro.


Dari Baran Gunung Kidul ke arah Bedoyo, bisa masuk dari utara SMPN 1 Pracimantoro dan keluar dari sebelah barat simpang empat Pracimantoro.


Dari Bedoyo ke Wonogiri, bisa masuk dari timur SMAN 1 Pracimantoro dan keluar dari simpang tiga sebalah utara Kantor Kecamatan Pracimantoro


7. Kecamatan Baturetno


Dari Wonogiri ke Kecamatan Batuwarno atau Pacitan, bisa masuk dari sebelah utara sebelum simpang empat Baturetno dan bisa keluar dari simpang tiga sebelah timur simpang empat Baturetno.


Dari arah Batuwarno ke Pacitan, bisa masuk ke kiri dari simpang empat sebelum simpang empat Baturetno dan keluar dari simpang tiga di selatan Terminal Baturetno.


Dari Pacitan ke Wonogiri, bisa masuk ke kiri dari arah selatan sebelum Terminal Baturetno dan keluar dari simpang empat sebelum simpang empat Baturetno (memutar di jalan sekitar Lapangan Baturetno).


"Di setiap jalan alternatif yang dipetakan itu ada beberapa rambu petunjuknya. Ini kan kami persiapkan untuk solusi kemacetan. Jika lancar bisa melalui jalan biasanya," imbuh Waluyo. (Sar



IKLAN



×
Berita Terbaru Update